PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DI DESA TIRTOMARTANI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA (STUDI KASUS KELOMPOK KANDANG DI DESA TIRTOMARTANI KABUPATEN SLEMAN)

Ria Maharani, Deti (2012) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DI DESA TIRTOMARTANI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA (STUDI KASUS KELOMPOK KANDANG DI DESA TIRTOMARTANI KABUPATEN SLEMAN). Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF
62Kb

Abstract

Pemberdayaan yang dilakukan kelompok kandang di desa Tirtomartani Kabupaten Sleman Yogyakarta adalah pemberdayaan yang dilakukan oleh peternak di desa tersebut. Pemberdayaan yang juga mengikuti program pemerintah ini memiliki beberapa pola pemberdayaan sendiri. Banyak kendala yang sering timbul akibat kurangnya informasi dari pemerintah mengenai program yang dapat menunjang kemajuan dan berdayanya kelompok. Yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimanakah pemberdayaan masyarakat desa yang dilakukan oleh kelompok kadang. Dari kendala tersebut dapat diketahui dengan bantuan penelitian yang memiliki tipe penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data antara lain dengan observasi, wawancara dan studi pustaka. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, program pemberdayaan masyarakat dan desa dicanangkan Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan melalui program penguatan modal dan diikuti sebagian besar oleh kelompok kandang di Desa Tirtomartani. Kedua, pelaksanaan pemberdayaan dilakukan dengan pro-poor. Ketiga, pola pemberdayaan kelompok kandang dilakukan dengan prinsip pemberdayaan yang baik dan modal sosial yang baik pula. Keempat, kurangnya sosialisasi program pemberdayaan masyarakat secara detail oleh Petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Melihat beberapa kendala yang dialami dari proses pemberdayaan yang dilakukan oleh kelompok kandang di Desa Tirtomartani beberapa rekomendasi yang muncul sebagai resolusi yaitu untuk pemerintah diharapkan lebih membuka akses informasi kepada kelompok kandang khususnya di Desa Tirtomartani dan kepada masyarakat khususnya kelompok kandang dapat lebih meningkatkan usahanya agar lebih membangun eksistensi mereka dalam dunia usaha serta lebih mendapat perhatian dari pemerintah. Selai itu, metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode yang dilihat dari aspek “proses pemberdayaan”. Penelitian ini akan lebih baik lagi apabila disempurnakan oleh penelitian yang dilihat dari aspek-aspek lain. Kata kunci: pemberdayaan masyarakat desa, kelompok kandang, program pemberdayaan masyarakat

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:35246
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:15 May 2012 10:09
Last Modified:15 May 2012 10:09

Repository Staff Only: item control page