GAYA KEPEMIMPINAN DI ERA OTONOMI DAERAH (ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KOTA SEMARANG)

Agung Rahmanto, Andhika (2012) GAYA KEPEMIMPINAN DI ERA OTONOMI DAERAH (ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF
63Kb

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kebijakan Otonomi Daerah, yang mana penerapannya menimbulkan dampak terhadap perubahan mekanisme dan kewenangan pemerintah daerah. Penelitian ini berusaha menjabarkan tentang perubahan apa yang terjadi di lembaga kedinasan di daerah, selain itu juga berusaha menjelaskan gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala dinas, hal ini dikarenakan gaya kepemimpinan kepala dinas merupakan faktor penting guna meningkatkan kinerja bawahan terutama dalam kaitannya untuk memotivasi bawahan. Terdapat dua gaya yang bisa digunakan, yaitu Gaya Kepemimpinan Transaksional dan Gaya Kepemimpinan Transformasional. Kedua gaya kepemimpinan tersebut secara tegas bisa digunakan terpisah, namun juga bisa digunakan secara berdampingan. Ternyata setelah dilakukan peelitian secara mendalam di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kota Semarang, maka dapat diketahui bahwa kepala dinas menerapkan kolaborasi antara kedua gaya kepemimpinan tersebut. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian Deskriptif Kualitatif, menggunakan metode snowball dalam menentukan narasumber, menggunakan dua jenis data, yaitu, data primer, yang didapat secara langsung dari narasumber menggunakan teknik indept interview, serta data sekunder, yang berupa studi pustaka, yang berupa, profil dinas, peraturan perundangan, arsip, dan literatur lainnya. Setelah data-data dirasa cukup, dilakukan analisis dan interpretasi data, yang berupa pemilahan data. Yang berfungsi untuk membatasi atau memfokuskan temuan-temuan hanya yang berhubungan dengan topik bahasan. Kemudian disusun dalam bentuk deskriptif dan sehingga memudahkan untuk dilakukan penarikan kesimpulan. Keyword : Otonomi Daerah, Gaya Kepemimpinan Transaksional, Gaya Kepemimpinan Tranformasional

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:35237
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:14 May 2012 13:19
Last Modified:14 May 2012 13:19

Repository Staff Only: item control page