Firdaus, Ahmad (2012) PELAYANAN KEBERSIHAN DAN RETRIBUSI KEBERSIHAN DI KABUPATEN TANGERANG PADA TAHUN 2010. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
| PDF - Submitted Version 60Kb |
Abstract
Kebersihan merupakan salah satu kebutuhan penting dalam masyarakat, karena dengan kebersihan maka akan terwujud masyarakat yang sehat. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Tangerang membentuk Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman yang bertugas dalam pelayanan kebersihan. Pada Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kabupaten tangerang ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas pelayanannya, seperti peningkatan jumlah penduduk yang berakibat pada meningkatnya volume sampah. Peningkatan ini pada akhirnya menuntut kelengkapan sarana dan prasarana, ketersediaan dana, dan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Berdasarkan hal tersebut yang menjadi perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Keseimbangan Atas Pembayaran Retribusi Sampah Dengan Pelayanan Kebersihan Di Kabupten Tangerang Pada Tahun 2010 yang di kelola oleh Dinas Kebersian Pertamanan dan Pemakaman Kabupaten Tangerang Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan yang dilaksanakan Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kabupaten Tangerang kepada masyarakat yang telah membayar retribusi kebersihan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan analisa deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah interview, kepada pegawai Dinas Kebersihan selaku Dinas yang memberikan pelayanan layanan kebersihan dan juga melakukan wawancara kepada masyarakat yang menggunakan layanan kebersihan. Untuk pegawai dalam penelitian ini jumlah pegawai yang di wawancara antara lain Kabid kebersihan, kasi pengumpul sampah, kasi pemusnahan sampah dan untuk masyarakat yang di wawancara sebanyak 30 orang. Dari Penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa keseimbangan atas pembayaran retribusi sampag dengan pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kabupaten Tangerang pada masyarakat masih kurang maksimal, karena pelayanan yang diberikan belum mampu memberikan kepuasan dalam diri masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science |
ID Code: | 35235 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 14 May 2012 12:46 |
Last Modified: | 14 May 2012 12:46 |
Repository Staff Only: item control page