Perancangan Sistem Informasi Berbasis Barcode dalam Proses Penerimaan, Penyimpanan dan Suplai Material pada Warehouse (Studi Kasus di Perusahaan Komponen Mobil di Semarang )

Hartini, Sri and Sriyanto, Sriyanto and Karima Ramadani, Meilisa (2011) Perancangan Sistem Informasi Berbasis Barcode dalam Proses Penerimaan, Penyimpanan dan Suplai Material pada Warehouse (Studi Kasus di Perusahaan Komponen Mobil di Semarang ). In: Seminar Nasional RiTekTra - Riset dan Teknologi Terapan, 7-8 Juli 2011, Unika Atma Jaya Jakarta.

[img]
Preview
PDF
603Kb

Abstract

Proses input barang secara manual merupakan penyebab terbesar terjadinya ketidaksesuaian antara stok barang yang ada di warehouse dengan stok barang yang terbaca di sistem. Pencatatan secara manual juga menyebabkan terjadinya delay penanganan dan suplai material, yang secara tidak langsung akan berdampak pada terjadinya downtime di lini produksi karena material shortage atau habis. Penelitian ini mencoba merancang Sistem informasi berbasis barcode untuk mengeliminasi permasalahan yang terjadi dalam proses transaksi penerimaan, penyimpanan, dan suplai material. Stiker barcode akan menggantikan fungsi alat-alat kontrol visual yang ada saat ini, dan dibagi menjadi tiga jenis yaitu stiker barcode pada kemasan barang, stiker barcode pada rak penyimpanan, dan stiker barcode pada maxi bin atau kartu kanban suplai material. Stiker barcode akan dipindai dan secara otomatis akan masuk ke dalam database yang kemudian dapat ditampilkan dalam bentuk informasi yang dapat diakses oleh para petugas atau user. Manfaat sistem informasi ini antara lain penurunan tingkat deviasi stok, penurunan biaya material lost, penurunan downtime di lini produksi akibat penurunan delay penanganan dan suplai material, data stok tiap rak penyimpanan dapat diakses secara real time, pengontrolan lokasi penyimpanan oleh sistem, dan mereduksi biaya operasional per bulan.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:warehouse, sistem informasi, barcode, receiving, suplai
Subjects:T Technology > T Technology (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:35233
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:14 May 2012 11:39
Last Modified:14 May 2012 11:39

Repository Staff Only: item control page