Manfaat Kerjasama Daerah Terhadap Ekonomi Regional dan Pelayanan Publik : Suatu Tinjauan Manfaat Berdasarkan Impact Chain Analysis Terhadap KAD di Wilayah Jawa Tengah

Mohammad, Mukti Ali Manfaat Kerjasama Daerah Terhadap Ekonomi Regional dan Pelayanan Publik : Suatu Tinjauan Manfaat Berdasarkan Impact Chain Analysis Terhadap KAD di Wilayah Jawa Tengah. Manfaat Kerjasama Daerah Terhadap Ekonomi Regional dan Pelayanan Publik : Suatu Tinjauan Manfaat Berdasarkan Impact Chain Analysis Terhadap KAD di Wilayah Jawa Tengah . (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
285Kb

Abstract

Sampai tahun 2009 setidaknya telah dihasilkan tiga kesepakatan Kerjasama Antar Daerah di wilayah Propinsi Jawa Tengah yaitu meliputi Subosukowonosraten, Barlingmascakeb dan Sampan. Selama kurun waktu 2002 – 2008 telah banyak program yang dilakukan oleh KAD di region tersebut guna mencapai dua hal pokok yaitu terkait dengan aspek ekonomi regional; berupa peningkatan investasi dan daya saing wilayah yang diyakini mampu memberikan multiplier effect terhadap peningkatan kesempatan kerja, pendapatan dan output regional. Kedua terkait aspek pelayanan publik, tujuan utamanya adalah peningkatan kualitas layanan publik dalam bidang infrastruktur maupun bidang lainnya. Setelah kurang lebih enam tahun kegiatan ini dilakukan, oleh karena itu perlu dikaji bagaimana program – program yang dilakukan ketiga region tersebut (Subosukowonosraten, Barlingmascakeb dan Sampan) mampu mencapai keduat tujuan pokok tersebut. Kajian dilakukan melalui analisis mata rantai dampak (impact chain analysis); yaitu suatu analisis yang menelusur program mulai dari input – output – outcome dan impact. Menarik untuk dicatat bahwa dari hasil analisis impact chain dapat dinyatakan bahwa program – program yang dikembangkan di ketiga region yaitu KAD Subosukowonosraten, Barlingmascakeb dan Sampan sangat berpotensi dalam meningkatkan daya saing regional (regional competitiveness) dan juga sekaligus pelayanan publik yang lebih baik (better public service delivery). Kata kunci : kerjasama antar daerah, ekonomi regional, pelayanan publik, impact chain analysis..

Item Type:Article
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:35217
Deposited By:JPWK Planologi
Deposited On:06 May 2013 19:17
Last Modified:06 May 2013 19:17

Repository Staff Only: item control page