PENGARUH UMUR RESIDU INSEKTISIDA BERBAHAN CYPERMETHRIN TERHADAP KEMATIAN Aedes Aegypti PADA LETHAL OVITRAP DI LABORATORIUM

WAHYUDI, BONDAN FAJAR (2011) PENGARUH UMUR RESIDU INSEKTISIDA BERBAHAN CYPERMETHRIN TERHADAP KEMATIAN Aedes Aegypti PADA LETHAL OVITRAP DI LABORATORIUM. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Lethal ovitrap adalah merupakan salah satu cara pengendalian vektor demam berdarah pengembangan dari ovitrap dengan penambhan bahan insektisida pada ovistrip yang sekaligus dapat membunuh nyamuk betina dewasa yang hendak bertelur. Berbagai penelitian tentang dosis insektisida yang digunakan telah dilakukan namun masih jarang mengungkapkan umur residu yang masih efektif membunuh nyamuk yang hinggap di Lethal Ovitrap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa lama efek residu Cypermethrin15 mikro ai/strip dengan metode LO dapat membunuh nyamuk Ae. aegypti 70%. Penelitian ini menggunakan eksperimental semu dengan rancangan Postest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua nyamuk Ae. aegypti betina hasil koloni di laboratorium Loka Litbang P2B2 Banjarnegara dan sampel penelitian adalah Ae. aegypti betina gravid umur 6-8 hari sebanyak 875 ekor. Data dianalisis menggunakan dengan uji probit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur residu Cypermethrin 15 alpha 70% adalah sekitar 5 (5.22) hari dengan menggunakan analisa probit dengan derajat kepercayaan 95%. Kata Kunci: umur residu, lethal ovitrap,ovistrip, analisa probit.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:35179
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:26 Apr 2012 11:41
Last Modified:26 Apr 2012 11:41

Repository Staff Only: item control page