STATUS RESISTENSI VEKTOR DEMAM BERDARAH DENGUE (Aedes aegypti)DI KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TERHADAP TEMEPHOS (ORGANOFOSFAT)

YANTI , ARY OKTSARI (2011) STATUS RESISTENSI VEKTOR DEMAM BERDARAH DENGUE (Aedes aegypti)DI KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TERHADAP TEMEPHOS (ORGANOFOSFAT). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Penyakit DBD di KOta Salatiga masih menjadi masalah kesehatan. pada tahun 2009, angka Case Fartility Rate Kecamatan Sidorejo adalah yang tertinggi dibandingkan 3 (tiga) kecamatan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui status reistensi vektor demam berdarah dengue (Ae. aegypti) di kelurahan endemis, sporadis dan potensial DBD Kecamatan Siorejo Kota Salatiga terhadap temephos (organofosfat). Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen murni (True Experiment). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh jentik Ae. aegypti generasi pertama (F1) hasil survei di kelurahan endemis, sporadis dan potensial DBD dengan sampel jentik Ae. aegypti instar III dan awal instar IV. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase kematian jentik Ae. aegypti dari kelurahan endemis, sporadis dan potensial DBD terhadap temephos dengan menggunakan konsentrasi standar WHO yaitu 0,0625; 0,125; 0,025 mg/l menunjukkan kematian jentik Ae. aegypti sebesar 100%. Tidak ada perbedaan kematian jentik Ae. aegypti berdasarkan status kerawanan DBD di Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga terhadap temephos pada tingkat kesalahan 0,05. Berdasarkan kriteria status resistensi Departemen Kesehatan tahun 1986, jentik Ae. aegypti dari kelurahan endemis, sporadis, dan potensial DBD Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga masih rentan terhadaop temephos. Sub Lethal Concentration (LC50) temephos adalah 0,14 mg/l dan Lethal Concentration (LC99)temephos untuk jentik dari laboratorium 0,71 mg/l lebih rendah dibandingkan (LC50) dan (LC99) temephos untuk jentik dari Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga. Kata Kunci: Status resistensi. Aedes aegypti. Temephos

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:35044
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:23 Apr 2012 15:47
Last Modified:23 Apr 2012 15:47

Repository Staff Only: item control page