Analisa Pengaruh Keadaan Lingkungan Fisik dan Proses Produksi Terhadap Manajemen Pengelolaan K3 ( Studi Kasus Industri Plastik CV Sumber Agung Jawa Tengah )

Prihandoyo, Ari Agung and Andreina, Winda and Nurkertamanda, Denny and Sriyanto, Sriyanto (2009) Analisa Pengaruh Keadaan Lingkungan Fisik dan Proses Produksi Terhadap Manajemen Pengelolaan K3 ( Studi Kasus Industri Plastik CV Sumber Agung Jawa Tengah ). In: 9th National Seminar Ergonomics, Patrajasa Hotel Semarang Indonesia.

[img]
Preview
PDF
163Kb

Abstract

Keselamatan kerja menunjuk kepada kondisi-kondisi fisiologis-fisikal dan psikologis tenaga kerja yang disediakan oleh perusahaan. Jika sebuah perusahaan melaksanakan tindakan – tindakan keselamatan yang efektif maka tidak akan lagi terjadi kecelakaan dalam bekerja, hal ini akan lebih mempercepat kesejahteraan karyawan yang nantinya juga berimbas pada hasil-hasil produksi perusahaan ini. Kecelakaan pada saat bekerja merupakan resiko dari bagian pekerjaan, untuk itu hendaknya perusahaan dalam hal ini melakukan proteksi atau perlindungan berupa kompensasi yang tidak dalam bentuk imbalan baik langsung maupun tidak langsung yang diterapkan oleh perusahaan kepada pekerja. Proteksi atau perlindungan pekerja merupakan keharusan bagi sebuah perusahaan. Dalam makalah ini kita akan mengidentifikasi keadaan lingkungan kerja, proses produksi dan peralatan yang digunakan pada perusahaan plastik (CV SUMBER AGUNG) dan pengaruhnya terhadap beban kerja pekerja serta mengidentifikasi kondisi perusahaan, beban kerja dan kondisi lingkungan kerja terhadap upah yang diterima oleh pegawai, memberikan usulan perbaikan terhadap permasalahan lingkungan kerja yang terjadi pada CV SUMBER AGUNG dan akhirnya memberikan usulan perbaikan terhadap pengelolaan produksi yang selalu mengacu pada keselamatan pekerja. Pada kenyataan yang ada kondisi lingkungan kerja pabrik berbeda dengan kondisi lingkungan kerja yang di anjurkan. Terlihat bahwa temperatur pabrik mencapai 33,275oC dengan temperatur yang sehat adalah 20-27 oC, kelembapan yang mencapai 20% dengan kondisi normal yang seharusnya 30-50%, kebisingan mencapai 79,165 dB dengan kondisi normal 70 dB dan pencahayaan 30,1 lx yang seharusnya adalah 100-200 lx. Dari hasil pengamatan data di peroleh kesimpulan bahwa kondisi lingkungan fisik pabrik tidak sehat bagi pekerja dan dapat juga dikatakan bahwa CV SUMBER AGUNG merupakan pabrik pengolahan biji plastik yang secara umum masih mempunyai resiko kecelakaan kerja yang tinggi bagi pegawainya. Usulan perbaikan yang diberikan ke perusahaan adalah memasang penyejuk udara dan kipas angin untuk mengurangi temperatur udara, memasang karpet karet di lantai produksi untuk meredam getaran dan pemakaian earplug bagi operator untuk mengurangi tingkat kebisingan mesin.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:Keselamatan kerja, Lingkungan kerja
Subjects:T Technology > T Technology (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:35039
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:20 Apr 2012 11:13
Last Modified:20 Apr 2012 11:13

Repository Staff Only: item control page