Pemberian Air Leri pada Perangkap Hidup Tunggal (Single Live Trap) untuk Keberhasilan Penangkapan Tikus (Trap Success) (Studi di Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari, Kota Seamarang)

Annashr, Nissa Noor (2011) Pemberian Air Leri pada Perangkap Hidup Tunggal (Single Live Trap) untuk Keberhasilan Penangkapan Tikus (Trap Success) (Studi di Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari, Kota Seamarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Tikus merupakan hewan mengerat yang dapat mengganggu kehidupan serta kesejahteraan manusia. Di bidang kesehatan, tikus memilki peran penting dalam penularan penyakit zoonosis, seperti leptospirosis, murine typhus, pes dan sebagainya. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya pengendalian populasi tikus. Pengendalian dapat dilakukan secara mekanik dengan memasang perangkap tikus. Penelitian ini bertujuan untuk menilai perbedaan keberhasilan penangkapan tikus (trap success) single live trap yang diberi air leri dan tidak diberi air leri di Kelurahan Jomblang. Jenis penelitian tewrmasuk eksperimen semu (quasi experimental design) dengan tipe rancangan post test only by control group. 50 perangkap diberi perlakuakn berupa pemberia air leri dan 5p perangkap tanpa air leri dipasang di dalam 50 rumah. Variabel bebas adalah pemberian air leri pada perangkap dan variabel terikat adalah keberhasilan penangkapan tikus. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Berdasrkan uji statistik dengan uji Mhan-Whitney diperoleh nilai p=0,640. Hal tersebut menunjukka tidak ada perbedaan bermakna keberhasilan penangkapan tikus antara perangkap single live trap yang fiberi air leri dan tidak diberi air leri. Spesies tikus yang paling banyak tertangkap yaitu Rattus tanezumi (48,84%). Persentase tikus yang terinfestasi pinjal 30,23%. Persentase tikus yang terinfestasi tungau 44,19%. Spesies pinjal yang ditemukan adalah Xenopsylla cheopis. Spesies tungau yang ditemukan adalah Laelaps nutalli dan Laelaps echidinus. Kata Kunci: Air leri, single live trap, trap success

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:34998
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:13 Apr 2012 11:45
Last Modified:13 Apr 2012 11:45

Repository Staff Only: item control page