Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Ibu dalam Pencarian Pengobatan Balita Penderita Infeksi Pernapasan Akut (Studi di Kelurahan Bangetayu Wetan Kecamatan Genuk)

Panjaitan, Hot Mianida Rosdelina (2011) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Ibu dalam Pencarian Pengobatan Balita Penderita Infeksi Pernapasan Akut (Studi di Kelurahan Bangetayu Wetan Kecamatan Genuk). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Prevalensi ISPA di Jawa Tengah pada tahun 2007 sebesar 29,08% lebih tinggi dari prevalensi nasional yaitu 25,50%. Kunjungan penderita ISPA tertinggi di Kota Semarang pada tahun 2010 adalah Puskesmas Bangetayu sebesar 7,4%. ISPA merupakan penyebab kematian kedua pada bayi dan balita. Risiko kematian pada balita terutama ditentukan pada kemampuan ibu dalam memberikan perhatian pada pengobatan anaknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perilaku pencarian pengobatan dari ibu yang memiliki balita penderita ISPA dan faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku ibu dalam mencari pengobatan balita penderita ISPA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori dengan metoda survey dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai anak balita dan sampel diambil sebanyak 94 ibu menggunakan metoda accidental sampling. Analisis data menggunakan uji korelasi chi square dengan taraf signifikansi 95%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 78,70% ibu membawa anaknya ke tenaga kesehatan dan 21,30% ibu membawa anaknya ke non tenaga kesehatan. Dari uji statistik didapatkan bahwa ada hubungan antara pengaruh suami/orang lain dengan perilaku pencarian pengobatan dengan nilai p=0,013 dan tidak ada hubungan antara umur ibu, jumlah balita dalam keluarga, jenis kelamin balita, pendidikan ibu, pengetahuan ibu, pengalaman sakit, akses, jumlah pendapatan dan pekerjaan ibu dengan perilaku pencarian pengobatan. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh suami mempunyai peranan yang penting dalam melakukan perilaku pencarian pengobatan ke tenaga kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar intervensi dilakukan terhadap faktor-faktor yang berhubungan yaitu penyuluhan kepada ibu dan suami sebagai pengambil keputusan dalam keluarga. Kata Kunci: ISPA, pencarian pengobatan, balita

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:34967
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:10 Apr 2012 13:47
Last Modified:10 Apr 2012 13:47

Repository Staff Only: item control page