PENGALAMAN KOMUNIKASI KONSUMEN WANITA DENGAN GAYA HIDUP “BRAND MINDED”

Anggraini, Elvira (2012) PENGALAMAN KOMUNIKASI KONSUMEN WANITA DENGAN GAYA HIDUP “BRAND MINDED”. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF
232Kb

Abstract

PENGALAMAN KOMUNIKASI KONSUMEN WANITA DENGAN GAYA HIDUP “BRAND MINDED” Elvira Anggraini D2C308004 Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi dengan maraknya masyarakat khususnya wanita yang lebih memilih produk “bermerek” daripada produk sejenis lain yang kegunaannya sama dan berharga lebih murah. Kecenderungan demikian terbangun karena terkait citra diri, bahwa dengan mengenakan produk bermerek maka statusnya akan terangkat. Merek adalah salah satu pertimbangan para wanita dalam membeli suatu barang, karena merek sering dikaitkan dengan kualitas suatu barang dan dijadikan sebagai tolok ukur barang yang akan dikonsumsi. Sehingga mengkonsumsi barang bermerek menjadi hobi dan sebuah gaya hidup. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemaknaan gaya hidup “brand minded” oleh konsumen wanita dengan menggunakan teori Interaksionisme Simbolik Herbert Mead dan teori komunikasi tentang identitas, simbol status dan gaya hidup. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang merujuk kepada paradigma interpretif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang wanita berusia antara 20 hingga 40 tahun yang memiliki kecenderungan untuk berbelanja dan pernah membeli produk bermerek impor. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada metoda fenomenologi dari Von Eckartsberg. Hasil penelitian menunjukkan pengalaman komunikasi konsumen wanita dengan gaya hidup brand minded banyak dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekitarnya, dan pergaulan dengan teman sebaya lebih memberi andil yang besar dalam penciptaan perilaku konsumsinya. Informan dalam penelitian ini memiliki pola konsumsi yang berbeda, tetapi dalam melakukan kegiatan konsumsi ketiga informan sama-sama ingin membangun identitas melalui produk-produk bermerek yang mereka kenakan. Apa yang mereka konsumsi adalah menjadi apa yang mereka tampilkan kepada orang lain, sehingga penting bagi wanita untuk tidak selalu mengikuti pola-pola tindakan (gaya hidup) tertentu yang ditawarkan oleh peer groupnya meskipun gaya hidup tersebut adalah gaya hidup yang sedang populer di lingkungannya. Key Words : gaya hidup brand minded, wanita, merek THE EXPERIENCE OF WOMEN COMMUNICATION ABOUT “BRAND MINDED” CONSUMER LIFE STYLE Abstract This research is based on the number of people , especially with women prefer “branded products “ than other similar products that utilized the same and cheaper cost. The tendency of such awakened because related self-image, that by wearing branded products then the status will be raised. brand is one of the considerations in buying a good woman, because the brand is often associated with the quality of the goods and serve as benchmarks of goods to be consumed. So consume branded goods become a hobby and lifestyle. Therefore, this research aims to describe the lifestyle of the definition of “brand minded” by consumers women using interaksionisme theory symbolic herbert mead and communication theory about identity, a symbol of the status and lifestyle. The approach taken in this research is a qualitative approach refers to the paradigm of interpretive. The subject of this research is 3 women are between 20 to 40 years have a tendency to shop and has bought import brand name products. analysis of data used in research is based on fenomenologi method of Von Eckartsberg. The results showed the consumer communication experience with women's lifestyle brand minded much influenced by environmental factors, and intercourse with peers gives a large share of the creation behavior of consumption. Informant in this research have different consumption patterns, but in doing third informant activities consume alike want to build identity through branded products that they wear. What they consume is to become what they show to others, so it is important for women not to always follow the patterns of action (lifestyle) a particular offered by peer group although this lifestyle is a lifestyle that was popular in its environment. Keywords : brand minded life style, women, brand

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:34959
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Apr 2012 18:06
Last Modified:25 Apr 2012 18:06

Repository Staff Only: item control page