Hubungan Antara Intensitas Konsumsi Berita Online Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Loyalitas Pembaca Surat Kabar Cetak Suara Merdeka

Wardhana, Tantra W (2012) Hubungan Antara Intensitas Konsumsi Berita Online Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Loyalitas Pembaca Surat Kabar Cetak Suara Merdeka. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF
195Kb

Abstract

ABSTRAKSI Tantra W Wardhana D2C 308017 Judul: Hubungan Antara Intensitas Konsumsi Berita Online Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Loyalitas Pembaca Surat Kabar Cetak Suara Merdeka Masuknya era internet membuat perubahan pada pola konsumsi media, perubahan yang dimaksud adalah semakin cepatnya pengiriman berita yang tidak mengenal batas. Sebaliknya, perkembangan media cetak mengalami penurunan, penyebabnya adalah beralihnya pola konsumsi konsumen dari memakai media cetak ke media internet sebagai sarana mendapatkan berita maupun informasi yang lebih aktual. Beragamnya tingkat pendidikan masyarakat secara tidak langsung akan berpengaruh pada pemilihan kualitas informasi dan pemilihan jenis media yang tepat untuk memenuhi kebutuhan informasi. Suara Merdeka sebagai pelopor surat kabar di kota Semarang terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi untuk tetap bertahan dalam persaingan antar media. Faktor apakah yang membuat Suara Merdeka tetap eksis? Loyalitas dari pembacakah? Apakah dengan banyaknya kemunculan situs berita online mempengaruhi loyalitas pembaca Suara Merdeka? Kemudian, bagaimanakah dengan tingkat pendidikan, apakah turut mempengaruhi loyalitas pembaca Suara Merdeka? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara intensitas konsumsi berita online terhadap loyalitas pembaca surat kabar cetak Suara Merdeka dan mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan terhadap loyalitas pembaca surat kabar cetak Suara Merdeka. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe explanatory dengan pendekatan metode penelitian kuantitatif. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling yang mengambil 100 responden. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode statistik Korelasi Rank Kendall’s Tau (τ). Teknik ini digunakan untuk mencari koefisien korelasi antara data ordinal dan data ordinal lainnya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang rendah antara intensitas konsumsi berita online terhadap loyalitas pembaca surat kabar cetak Suara Merdeka dan tidak terdapat korelasi antara tingkat pendidikan terhadap loyalitas pembaca surat kabar cetak Suara Merdeka. Loyalitas sebagian besar pembaca Suara Merdeka tidak terpengaruh dengan tingginya tingkat intensitas konsumsi berita online maupun tingginya tingkat pendidikan pembaca. Ada pun loyalitas yang tinggi dari pembaca disebabkan oleh adanya rasa percaya terhadap merek (aspek kognitif), komitmen terhadap merek (aspek afektif), cenderung menggunakan merek yang sama dimasa yang akan datang (aspek konatif), serta pembelian ulang/berlangganan terhadap merek dan merekomendasikan merek kepada pihak lain (aspek perilaku). Kata kunci: intensitas, tingkat pendidikan, loyalitas ABSTRACT Title: The Relationship Between The Intensity of Consumption of Online News and Education Levels Towards Of The Readers Suara Merdeka Daily Loyalty The entry of the Internet era to make changes in media consumption patterns, changes in question is the more rapid delivery of news which knows no bounds. In contrast, the development of print media decline, the cause is a shift of consumption patterns of consumers of print media to the media using the internet as a means of getting news and information is more current. The diversity of public education will indirectly affect the selection of information quality and selection of appropriate media to meet the information needs. Suara Merdeka as the pioneer newspaper in the city of Semarang continue to adapt to developments in technology to stay afloat in the competition among media. What factors make Suara Merdeka still exist? Whether the loyalty of readers? Does the emergence of many online news sites affecting Suara Merdeka reader loyalty?Then, what about the level of education, are also affecting Suara Merdeka reader loyalty? The purpose of this study was to determine the relationship between the intensity of consumption of online news towards of loyalty readers Suara Merdeka Daily and know the relationship between level of education towards of the readers Suara Merdeka Daily loyalty. Type of study is a type of explanatory approach to quantitative research methods. While the sampling technique with probability sampling method that took the 100 respondents. Testing the hypothesis in this study uses statistical methods Kendall's Tau rank correlation (τ). This technique is used to find the correlation coefficient between the data ordinal data and other ordinal. The study findings suggest that there is low correlation between the intensity of consumption of online news towards of loyalty readers Suara Merdeka Daily and there is no correlation between level of education towards of the readers Suara Merdeka Daily loyalty. The loyalty of Suara Merdeka most readers are not affected by the high level of intensity of online news consumption and high levels of readers. There was a high loyalty of readers due to the presence of trust towards the brand (cognitive aspect), commitment to the brand (affective aspects), tend to use the same brand in the future (conative aspect), as well as repeat purchase / subscribe to the brand and recommend the brand to another party (behavioral aspects). Keywords: intensity, education levels, loyalty

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:34936
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Apr 2012 11:15
Last Modified:04 Apr 2012 11:15

Repository Staff Only: item control page