Wicaksono, Arianto Tri (2012) PENGARUH MINAT DAN INTENSITAS MEMBACA RUBRIK “METEOR TENGAH MALAM” DI HARIAN METEOR TERHADAP PERSEPSI PEMBACA TENTANG HARIAN METEOR SUMMARY SKRIPSI. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
| PDF 261Kb |
Abstract
ABSTRAK Arianto Tri Wicaksono D2C607010 Media semakin mengintervensi dan menghegemoni kesadaran khalayak untuk ikut dalam arus utama dari realitas yang ditampilkan media. Media massa yang selalu menjadi arena pertarungan merupakan sebuah konstruksi sosial yang eksistensinya terbentuk melalui interaksi berbagai tindakan agen dan struktur. Sebagian besar masyarakat berlangganan atau membeli surat kabar karena memerlukan informasi mengenai berbagai peristiwa yang terjadi. Konten harian Meteor dominan untuk umum dan tepat untuk pangsa pasar menengah ke bawah. Sebagai koran daerah juga dilengkapi dengan konten lokal seperti rubrikasi keluarga, anak muda, wanita, hiburan dan kesehatan. Ini menjadikan isi semakin lengkap dan digemari pembaca keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat dan intensitas membaca rubrik “meteor tengah malam’’ di Harian Meteor terhadap persepsi pembaca tentang Harian Meteor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pembaca Harian Meteor. Sampel sendiri berjumlah 83 orang yang diperoleh melalui teknik penarikan sampel probability sampling dengan cara random sampling. Data penelitian diperoleh dari berbagai literatur dan kuesioner yang berisikan 18 pertanyaan yang berkaitan dengan minat dan intensitas membaca rubrik “meteor tengah malam” di Harian Meteor terhadap persepsi pembaca tentang Harian Meteor. Kemudian data yang diperoleh, dianalisa dengan menggunakan analisa tabel silang dan uji hipotesis. Untuk pengujian hipotesis penelitian menggunakan pengujian secara parsial dan simultan. Dan ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima dengan Ha = Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel minat (X1) dan variabel intensitas membaca (X2) terhadap variabel persepsi pembaca (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi minat dan intensitas membaca maka semakin tinggi pula persepsi pembacanya Kata kunci : Minat, Intensitas Membaca, Persepsi Pembaca. ABSTRACT Arianto Tri Wicaksono D2C607010 Media hegemony increasingly intervened and audience awareness to participate in the mainstream of the reality of the displayed media. The mass media has always been the arena of battle is a social construction whose existence is formed through the interaction of the various actions of agents and structures. Most people subscribe to or buy a newspaper because it requires information about the various events that occurred. Meteor dominant daily content to the public and appropriate for middle to lower market share. As a local newspaper is also equipped with local content such as rubrikasi family, youth, women, entertainment and health. This makes the content more complete and popular family of readers. The purpose of this study was to determine the effect of interest and intensity of reading rubric "midnight meteor Meteor''in The Daily on the reader's perception of the Daily Meteor. The research method used was quantitative method. The sample used in this study are the readers of The Daily Meteor. The sample itself totaled 83 people obtained through probability sampling techniques for sampling by random sampling. The research data obtained from the literature and a questionnaire containing 18 questions related to the intensity of interest and read the rubric of "meteor midnight" in the Daily Meteor on the reader's perception of the Daily Meteor. Then the data obtained, analyzed using cross-table analysis and hypothesis testing. To test the research hypotheses using partial and simultaneous testing. And this shows that the hypothesis is accepted by Ha = There is a positive and significant influence of the variables of interest (X1) and a variable intensity reading (X2) to the reader's perception variable (Y). The results of this study indicate that the higher the intensity of interest and read the higher the perception of the reader. Key words: Enthusiasm, Intensity Reading, Perception reader.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics |
ID Code: | 34919 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 04 Apr 2012 09:46 |
Last Modified: | 04 Apr 2012 09:46 |
Repository Staff Only: item control page