ANALISIS VARIABEL PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KUALITAS YANG BERPENGARUH TERHADAP PERFORMANSI (Studi Kasus Pada Departemen Weaving 5 Denim PT. Apac Inti Corpora)

DANIATI, VITRIA (2006) ANALISIS VARIABEL PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KUALITAS YANG BERPENGARUH TERHADAP PERFORMANSI (Studi Kasus Pada Departemen Weaving 5 Denim PT. Apac Inti Corpora). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
10Kb

Abstract

ABSTRAK PT. Apac Inti Corpora menggunakan Total Quality Management untuk mendukung peningkatan kualitas produk secara kontinu. Dalam rangka peningkatan mutu produk, Perusahaan menginginkan peningkatan penerapan Sistem Manajemen Kualitas di unit kerja yang ada, yaitu melalui Gugus Kendali Mutu yang ada di unit, yang ditandai dengan peningkatan performansi mesin. Hal ini dikarenakan dimensi Sumber Daya Manusia memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap performansi mesin. Kondisi dari mesin merupakan dimensi alami yang tidak dapat diubah, namun dapat dioptimalkan dengan melibatkan dimensi Sumber Daya Manusia yang secara langsung menangani mesin tersebut. Oleh karena itu, perlu dianalisis mengenai penyebab perbedaan performansi dari masing-masing unit yang ada ditinjau dari variabel-variabel sistem manajemen kualitas yang diterapkan, sehingga diharapkan dapat diketahui variabel yang paling berpengaruh, dan pada akhirnya dapat dijadikan rekomendasi untuk peningkatan mutu penerapan sistem manajemen kualitas di unit. Dengan memanfaatkan program SPSS, penelitian ini telah menghasilkan enam variabel dominan yang membedakan ketiga unit yang ada. Selanjutnya dianalisis mengenai dimensi yang menjadi peningkatan dan penurunan performansi. Terungkapnya variabel X12 (pelaksanaan kerja sesuai instruksi kerja) sebagai dimensi peningkatan performansi dapat dipahami sebagai suatu fenomena bahwa responden yang menerapkan variabel X12 yaitu melaksanakan kerja sesuai dengan instruksi kerja akan dapat meningkatkan performansi mesin. Disisi lain, terungkapnya variabel X19 (pemantauan pimpinan terhadap kegiatan bawahan) sebagai dimensi penurunan performansi dapat dipahami sebagai suatu fenomena bahwa pimpinan yang mengabaikan (tidak melakukan pemantauan terhadap kegiatan yang sedang dilakukan bawahannya) akan berpengaruh terhadap penurunan performansi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : TQM, kualitas, performansi, SPSS
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:34893
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:03 Apr 2012 09:52
Last Modified:03 Apr 2012 09:52

Repository Staff Only: item control page