ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING (ABC) PADA PROSES PRODUKSI FINGER JOINT LAMINATING (Studi Kasus IPK Brumbung, Perhutani)

GEMITA, ULFAH (2006) ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING (ABC) PADA PROSES PRODUKSI FINGER JOINT LAMINATING (Studi Kasus IPK Brumbung, Perhutani). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
9Kb

Abstract

ABSTRAK Manajemen yang handal sangat dibutuhkan perusahaan agar tetap bertahan didalam persaingan yang sangat ketat seperti sekarang ini. Manajemen yang handal adalah manajemen yang dapat memberikan informasi yang akurat bagi perusahaan untuk dapat mengambil keputusan yang tepat dan tidak menyesatkan. Kemajuan teknologi dan kebutuhan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas membuat perusahaan beralih ke sistem otomasi dimana proses produksi dikerjakan oleh mesin-mesin. Dengan otomasi biaya langsung berkurang namun biaya overhead yang ditimbulkan oleh mesin justru melambung tinggi. Alokasi biaya yang tepat dibutuhkan untuk menentukan Harga Pokok Produksi yang akurat. Biaya langsung dapat ditelusuri dengan mudah namun biaya overhead sulit untuk ditelusuri. Maka dibutuhkan suatu metode yang dapat megalokasikan biaya overhead secara tepat ke tiap porduk. Selama ini perusahaan menggunakan Traditional Cost Accounting yang membebankan biaya secara sembarang ke tiap produk. Hal ini menyebabkan informasi biaya tidak akurat. Activity based costing (ABC) merupakan pendekatan penentuan biaya produk yang membebankan biaya ke produk berdasarkan konsumsi sumber daya yang disebabkan karena aktivitas [Blocher00]. Dengan metode ini biaya overhead dibebankan berdasarkan driver(pemicu) yang menyebabkan timbulnya biaya. Dengan metode Activity Based Costing (ABC) penelitian kali ini membuktikan bahwa dengan metode ini Harga Pokok Produksi yang diperoleh lebih akurat. Hal ini dibuktikan dengan adanya under costing dan over costing yang terjadi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata kunci : Harga Pokok Produksi, Activity Based Costing, Cost driver
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:34889
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Apr 2012 09:39
Last Modified:03 Apr 2012 09:39

Repository Staff Only: item control page