ANALISIS POSTUR PADA PEKERJA MESIN JAHIT BORDIR MENGGUNAKAN METODE RULA (RAPID UPPER LIMB ASSESMENT) DIDUKUNG DENGAN PERANCANGAN FASILITAS KERJA (Studi Kasus di UKM Sulam Bordir NOVA Kudus)

PRIAMBODO, TULUS (2006) ANALISIS POSTUR PADA PEKERJA MESIN JAHIT BORDIR MENGGUNAKAN METODE RULA (RAPID UPPER LIMB ASSESMENT) DIDUKUNG DENGAN PERANCANGAN FASILITAS KERJA (Studi Kasus di UKM Sulam Bordir NOVA Kudus). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

ABSTRAK UKM Sulam Bordir NOVA merupakan salah satu industri sulam bordir terbaik di daerah Kudus. Mesin jahit yang digunakan adalah mesin jahit merk Singer yang merupakan salah satu mesin jahit yang konvensional di Indonesia yaitu dengan tenaga manusia dalam pengoperasiannya. Dalam melakukan aktivitas pembordiran seringkali penjahit mengalami rasa lelah dan nyeri yang biasanya diakibatkan oleh kesalahan postur dalam menjahit. Selain itu, kesalahan postur juga dapat disebabkan oleh tidak ergonomisnya fasilitas kerja yaitu meja mesin jahit dan kursi. Melihat kondisi ini, Penulis merasa perlu untuk melakukan penelitian terhadap kesalahan postur tersebut. Penilaian postur dilakukan dengan Metode RULA yaitu metode digunakan untuk mengukur postur,gaya dan pergerakan yang berhubungan dengan pekerjaan yang duduk terus-menerus. Dalam melakukan rekomendasi perbaikan postur dan menggambar alat yang telah disesuaikan dengan data anthropometri, penulis memvisualisasikan melalui software 3 ds max, dimana software ini dapat membantu dalam merancang fasilitas kerja.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : RULA, 3 ds Max, Konvensional
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:34888
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Apr 2012 09:30
Last Modified:03 Apr 2012 09:30

Repository Staff Only: item control page