PENGARUH SOSIAL-RELIGIUS, STATUS SOSIAL DAN HUBUNGAN PATRON-CLIENT TERHADAP PERILAKU MEMILIH DI KECAMATAN PATEBON KABUPATEN KENDAL

Sulistyowati, Sulistyowati (1996) PENGARUH SOSIAL-RELIGIUS, STATUS SOSIAL DAN HUBUNGAN PATRON-CLIENT TERHADAP PERILAKU MEMILIH DI KECAMATAN PATEBON KABUPATEN KENDAL. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. (Submitted)

[img]
Preview
PDF
17Mb

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah menguji hipotesa (yang berbunyi) bahwa variabel sosial religius, status sosial dan hubungan patron client mempunyai pengaruh terhadap perilaku memilih. Untuk membuktikan hipotesa tersebut, suatu penelitian dilaksanakan di tiga desa, yakni Lanji, Purwokerto dan Bangunsari di Kecamatan Patebon Kabupaten Dati II Kendal. Penelitian yang menggunakan metode trianggulasai tersebut mengambil 92 responden dari ketiga desa yang diteliti. Hasil analisis tabulasi silang menunjukkan bahwa orientasi sosial religius mempunyai hubungan nyata terhadap perilaku memilih. Besarnya hubungan ini adalah 33,7%. Temuan ini diperkuat oleh uji korelasi (r) yang menunjukkan bahwa variabel sosial religius mempunyai hubungan sangat erat dengan perilaku memilih. Hubungan ini mencapai tingkat kepercayaann 95% dengan validasi keeratan hubungan taraf sedang sebesar r = 0,3998. Hasil analisis variabel X2Y menunjukkan bahwa masyarakat yang berada pada strata lebih rendah mengikuti sikap masyarakat lebih atas terutama dalam menggunakan hak pilihnya. Hasil analisis variabel X3Y mendapatkan bahwa hubungan sosial (patron-client) di ketiga desa tersebut masih kuat. Temuan ini diperkuat dengan kenyataan bahwa 50 dari 92 responden masih mematuhi arahan pimpinan mereka dalam menjatuhkan pilihan dalam pemilu. Uji verifikasi menunjukkan bahwa r = 0,3625. Dengan demikian hipotesa diajukan dapat diterima.

Item Type:Other
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:34854
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:29 Mar 2012 15:00
Last Modified:29 Mar 2012 15:06

Repository Staff Only: item control page