FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN MANAJEMEN PELAKSANAAN PROGRAM REHABILITASI SOSIAL DAERAH KURANG LAYAK HUNI (rsdk) DI KOTAMADYA YOGYAKARTA

Sulistyowati, Sulistyowati (1999) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN MANAJEMEN PELAKSANAAN PROGRAM REHABILITASI SOSIAL DAERAH KURANG LAYAK HUNI (rsdk) DI KOTAMADYA YOGYAKARTA. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. (Submitted)

[img]
Preview
PDF
27Mb

Abstract

Pembangunan masyarakat merupakan usaha perbaikan atas kegiatan fisik maupun non fisik yang dilakukan oleh pemerintah dengan melibatkan masyarakatnya setingkat lebih baik dari kondisi sebelumnya. Jadi dalam hal ini untuk mencapai kondisi masyarakat yang diinginkan perlu peran serta baik dari pemerintah maupun partisipasi masyarakat setempat. Desa merupakan ujung tombak pembangunan dituntut untuk mampu menjadi pelaku pembangunan. Hal yang kurang mendapat perhatian masyarakat desa yang kurang mampu adalah pemenuhan akan kebutuhan pangan serta lingkungan yang sehat. Tujuan Rehabilitasi Sosial Daerah Layak Huni (RSDK) adalah menciptakan kondisi masyarakat desa yang memiliki kesadaran, ketrampilan, kemampuan dan kemauan serta memupuk rasa tanggung jawab untuk memugar dan mengembangkan program pemugaran perumahan dan lingkungan desa, dengan sasaran masyarakat berpenghasilan rendah yang bersedia berpartisipasi serta memiliki kondisi rumah dan lingkungan yang kurang memenuhi syarat kesehatan, kesusilaan dan tehnik yang mampu berswadaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembinaan dengan efektifitas pelaksanaan program RSDK di Kotamadya Dati II Yogyakarta. Selain itu juga terdapat pengaruh yang signifikan antara partisipasi dengan efektivitas program RSDK, serta terdapat hubungan yang signifikan antara pembinaan dan partisipasi dengan pelaksanaan efektivitas pelaksanaan program RSDK di Kotamadya Dati II Yogyakarta.

Item Type:Other
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:34853
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:29 Mar 2012 14:16
Last Modified:29 Mar 2012 14:20

Repository Staff Only: item control page