RANCANG BANGUN ALAT UJI POMPA INJEKSI MOTOR DIESEL MULTISILINDER ( DESIGN TOOLS ENGINE DIESEL INJECTION PUMP TEST MULTISILINDER )

Budyarto , Irawan and Setiawan, Irfan and Arifin, Mohamad and Nugraha, Mukhlis Pradifta and Primansah , Panji and Atmanto, Ireng Sigit (2011) RANCANG BANGUN ALAT UJI POMPA INJEKSI MOTOR DIESEL MULTISILINDER ( DESIGN TOOLS ENGINE DIESEL INJECTION PUMP TEST MULTISILINDER ). Undergraduate thesis, D3 Teknik Mesin.

[img]
Preview
PDF
199Kb

Abstract

Motor diesel merupakan mesin yang banyak digunakan untuk berbagai bidang antara lain untuk sektor industri dan tranportasi. Pompa Injeksi (Injection Pump) adalah salah satu bagian dari mesin diesel yang paling utama dan berfungsi untuk memompa bahan bakar dari tangki kemudian disalurkan ke ruang bakar (silinder) dengan cara disemprotkan pada saat yang tepat oleh injektor, sehingga terjadi pembakaran didalam ruang bakar (silinder) dengan baik. Pompa injeksi bekerja atas dasar gerakan dari camshaft yang berputar sehingga menghasilkan gerakan bolak balik dari pegas dan plunyer, dengan gerakan bolak-balik plunyer akan menekan bahan bakar yang masuk melalui lubang isap serta melewati katup dan kemudian keluar dari pipa tekanan tinggi menuju ke injektor yang kemudian disalurkan ke dalam silinder. Oleh karena sangat pentingnya peran pompa injeksi dalam konstruksi dan kinerja mesin diesel maka diperlukan suatu alat uji untuk mengetahui kinerja pompa injeksi tersebut. Prinsip perencanaan alat uji pompa injeksi ini yaitu dengan memutarkan poros pompa injeksi dengan motor listrik sesuai dengan kecepatan putaran yang ditentukan kemudian menyalurkan bahan bakar yang keluar dari pompa injeksi ke dalam gelas ukur agar diketahui apakah ada perbedaan volume bahan bakar yang disuplai ke masing-masing ruang bakar. Diesel motor is a machine used for various fields such for industrial and transportation. Injection pump is main part of the diesel engine which serves to pump the fuel from the tank and then distributed to the combustion chamber (cylinder) with a sprayed at the right time by injector, so that combustion occurs inside the combustion chamber (cylinder) as well. Injection pump works on the basis of the movement of the camshaft rotates so as to produce the movement back and forth from a spring and plunger, the plunger back and forth with the movement will hit the fuel entering through the suction hole and through the valve and then out of high measurement pipe leading to the injector which is then channeled into the cylinder. Therefore a very important role in the construction of the injection pump and diesel engine performance we need a testing tool to determine the performance of the injection pump. The principle planning tool injection pump test this is by rotating the injection pump shaft with an electric motor in accordance with a specified rotation speed and then distributing the fuel out of the injection pump into the measuring cup in order to know whether there are differences in the volume of fuel supplied to each combustion chamber.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Mechanical Engineering
ID Code:34817
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Mar 2012 11:25
Last Modified:22 Mar 2012 11:25

Repository Staff Only: item control page