ANALISIS GEOTEKNIK PADA PERENCANAAN KONSTRUKSI JALAN TOL MOJOKERTO – KERTOSONO

ARIASTHA, NAZHER ANDI and DAVID, TAMBOK L. (2009) ANALISIS GEOTEKNIK PADA PERENCANAAN KONSTRUKSI JALAN TOL MOJOKERTO – KERTOSONO. Undergraduate thesis, F. TEKNIK UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

5Mb
[img]
Preview
PDF
104Kb
[img]
Preview
PDF
101Kb
[img]
Preview
PDF
186Kb
[img]
Preview
PDF
1919Kb
[img]
Preview
PDF
199Kb
[img]
Preview
PDF
2192Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

950Kb
[img]
Preview
PDF
119Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

734Kb
[img]
Preview
PDF
106Kb

Abstract

PT Marga Hanurata Intrinsic adalah investor sebagai Badan Usaha Pengusahaan Jalan Tol Mojokerto-Kertososno di Jawa Timur. Akses jalan tol tersebut adalah bagian dari program pemerintah pengembangan jalan tol dari Jakarta-Surabaya yang sangat diperlukan, mengingat jalur jalan konvensional kondisinya memprihatinkan, selain banyak yang rusak juga tingkat kepadatannya sudah luar biasa. Proyek tol menjadi penting agar mobilitas barang, jasa maupun orang dapat lancar sehingga pergerakan ekonomi semakin lancar. Seiring dengan perencanaan Jalan Tol tersebut, ternyata di lapangan terdapat beberapa bagian jalan terletak pada tanah lunak, dengan lapisan bawah permukaan yang terutama terdiri dari tanah lunak yang kompresible, yang terletak pada kedalaman 5.00 sampai 22.00 m. Beban kendaraan khususnya kendaraan – kendaraan berat yang mempunyai beban yang cukup besar, dan berlangsung terus menerus, apabila tidak ada perbaikan tanah terlebih dahulu, diperkirakan akan terjadi penurunan konsolidasi sebesar 1.5 m. Yang dimaksud dengan tanah dasar yang lunak disini adalah tanah asli yang terdiri dari lapisan-lapisan tanah yang memiliki konsistensi lunak hingga sangat lunak. Dari hasil analisa diketahui bahwa lapisan tanah dasar tersebut berupa tanah lempung berlanau dengan sifat – sifat kelempungan yang besar dan secara visual berupa tanah gambut. Lapisan tanah seperti ini memiliki 2 kelemahan utama, yaitu memiliki daya dukung tanah yang relatif sangat rendah, sehingga tidak dapat mendukung timbunan (embankment) jalan yang agak tinggi serta memiliki penurunan jangka panjang (consolidation settlement) yang relatif besar, sehingga akan membuat jalan bergelombang dan tidak rata, serta akan merusak struktur perkerasan jalan di atasnya. Sistem perkuatan tanah dasar yang digunakan terhadap desain awal timbunan diatas tanah lunak pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Mojokerto – Kertosono menggunakan Prefabricated Vertical Drain (PVD). PVD memiliki banyak keuntungan- keuntungan yakni kapasitas pengaliran yang besar (discharge

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:34671
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:09 Mar 2012 13:57
Last Modified:09 Mar 2012 13:57

Repository Staff Only: item control page