PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI UNIT LAYANAN RAWAT INAP KELAS III PROGRAM ASKESKIN DENGAN METODE ABC (ACTIVITY BASED COSTING)

DARNIZA, RENY (2007) PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI UNIT LAYANAN RAWAT INAP KELAS III PROGRAM ASKESKIN DENGAN METODE ABC (ACTIVITY BASED COSTING). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Informasi dibutuhkan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan, tentunya kualitas sebuah keputusan sangat dipengaruhi oleh kualitas informasi yang mendasarinya. Untuk mewujudkan industri yang berdaya saing dibutuhkan manajemen yang mampu memberikan informasi yang akurat sebagai dasar bagi pengambilan keputusan organisasi. RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang merupakan suatu organisasi yang bergerak dalam industri jasa layanan kesehatan jiwa.Pada kegiatan pelayanan kesehatan RSJD Dr. Amino Gondohutomo dituntut untuk mampu menghasilkan pendapatan dengan tetap mengutamakan kepuasaan pelanggan, dimana value yang diterima oleh pelanggan.sebanding dengan pengorbanan yang telah dikeluarkan. Informasi biaya produk yang akurat dibutuhkan dalam menetapkan Harga pokok produk. Oleh karena itu dibutuhkan suatu metode yang mampu mengalokasikan biaya secara tepat pada produk. Terutama menyangkut biaya overhead yang lebih sukar ditelusuri. Selama ini, RSJD Dr. Amino Gondohutomo dalam menentukan harga pokok produks belum menggunakan perhitungan berdasarkan metode-metode perhitungan biaya, sehingga pembebanan biaya dilakukan secara sembarang ke tiap produk. Hal ini menyebabkan terjadinya distorsi dalam penentuan harga pokok produk. Activity based costing merupakan metode penentuan biaya produk yang membebankan biaya ke produk berdasarkan konsumsi sumber daya yang disebabkan karena aktivitas. Dengan metode ABC biaya overhead dibebankan berdasarkan pemicu yang menyebabkan timbulnya biaya. Penelitian ini melakukan perhitungan harga pokok produk dengan akuntansi biaya tardisional dan Activity Based Costing. Metode ABC menghasilkan informasi biaya produk yang lebih akurat yang dibuktikan dengan adanya perbedaan biaya produk yang dihasilkan oleh perhitungan kedua metode tersebut, hal ditandai dengan adanya overcosting yang terjadi pada perhitungan dengan akuntansi biaya tradisional.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:HPP, Activity Based Costing, cost pool, cost driver, Akuntansi biaya tradisional
Subjects:T Technology > T Technology (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:34658
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 May 2013 19:02
Last Modified:07 May 2013 19:02

Repository Staff Only: item control page