PERENCANAAN FLY OVER PERLINTASAN JALAN RAYA DAN JALAN REL DI BENDAN PEKALONGAN ( Fly Over Road Crossing And Railway Plan In Bendan Pekalongan )

TARINA, MEITA TRINA and AZIANI, SEPTI (2009) PERENCANAAN FLY OVER PERLINTASAN JALAN RAYA DAN JALAN REL DI BENDAN PEKALONGAN ( Fly Over Road Crossing And Railway Plan In Bendan Pekalongan ). Undergraduate thesis, F. TEKNIK UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

3784Kb
[img]
Preview
PDF
18Kb
[img]
Preview
PDF
339Kb
[img]
Preview
PDF
531Kb
[img]
Preview
PDF
1166Kb
[img]
Preview
PDF
522Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

592Kb
[img]
Preview
PDF
1574Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

762Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

709Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

833Kb
[img]
Preview
PDF
506Kb
[img]
Preview
PDF
495Kb

Abstract

Perencanaan Fly Over Perlintasan Jalan Raya dan Jalan Rel di Bendan Pekalongan dilatarbelakangi oleh kemacetan akibat adanya kereta api yang melintas di jalan KH. Mas Mansyur dan kondisi jalan eksisting tidak dapat menampung perkembangan lalu lintas yang sekarang makin meningkat, sementara jika dilakukan pelebaran jalan tidak memungkinkan karena keterbatasan lahan yang ada di sepanjang jalan KH. Mas Mansyur. Disisi lain jalan KH. Mas Mansyur merupakan jalan utama untuk arus lalu lintas, baik dari dalam maupun dari luar kota. Oleh sebab itu dipandang perlu dibangun fly over yang mampu menjadikan solusi terhadap permasalahan yang ada serta dinilai efektif dan efisien ditinjau dari aspek lokasi, faktor eksternal, stabilitas struktur dan pertimbangan ekonomi, pertimbangan pelaksanaan dan pemeliharaan, standarisasi, stabilitas pelayanan, kenyamanan dan keindahan (estetika). Setelah dilakukan pengumpulan dan analisis data serta evaluasi jalan eksisting yang ada maka perlu dilakukan pembangunan fly over dengan mempertimbangkan aspek–aspek yang disebutkan pada paragraf pertama. Berdasarkan perancangan teknis fly over yang direncanakan berlokasi di perlintasan jalan raya (Jalan KH. Mas Mansyur) dan jalan rel maka perlu mempertimbangkan syarat ruang bebas kereta api double track, sehingga direncanakan panjang fly over mencapai 30,8 meter dan tinggi 6,7 meter dari jalan rel. Sedangkan lebar fly over direncanakan 18 meter, dengan trotoar 2 x 1 meter, median 1 meter, tiang sandaran 2 x 0,3 meter sedangkan jalannya terdiri dari empat lajur dua jalur yang memiliki lebar lajur 3,50 meter. Konstruksi atas meliputi pelat lantai fly over dari beton bertulang sedangkan gelagarnya menggunakan balok prategang I dan tinggi H = 1700 mm dengan jumlah 10 buah. Konstruksi bawah meliputi abutment dari beton bertulang dengan bentuk pangkal tembok kontrafort, sedangkan untuk pondasi menggunakan pondasi bore pile berdiameter 1 meter dengan kedalaman 19,7 meter. Dalam perencanaan fly over ini direncanakan pula jalan pendekat atau oprit fly over dengan panjang masing-masing adalah 202 menuju jalan KH. Mas Mansyur dan 202 menuju jalan Gajah Mada. Pada oprit yang menuju jalan Gajah Mada terdapat tikungan spiral circle spiral dengan sudut luar PI 108° dan jari-jari tikungan 80 meter. Perkerasan yang digunakan pada jalan pendekat atau oprit adalah perkerasan lentur. Tipe perkerasan lentur yang dipilih adalah perkerasan laston dengan tebal 10 cm. Perencanaan fly over berdasarkan penghitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) menghabiskan biaya sebesar Rp. 16.180.742.000,00 (Enambelas milyar seratus delapanpuluh juta tujuhratus empatpuluh dua ribu rupiah) sudah termasuk PPN 10%, sedangkan untuk waktu pelaksanaan pembangunan direncanakan selama 8 bulan atau 240 hari kalender.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:34542
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:07 Mar 2012 09:33
Last Modified:07 Mar 2012 09:33

Repository Staff Only: item control page