EVALUASI DAN PERANCANGAN PENINGKATAN JALAN SELATAN-SELATAN CILACAP RUAS SIDAREJA - JERUKLEGI

AGUSTIAN, AGUSTIAN and SAFRUDIN, AHMAD (2005) EVALUASI DAN PERANCANGAN PENINGKATAN JALAN SELATAN-SELATAN CILACAP RUAS SIDAREJA - JERUKLEGI. Undergraduate thesis, F. TEKNIK UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

126Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

265Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

257Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

160Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

356Kb
[img]
Preview
PDF
54Kb
[img]
Preview
PDF
80Kb
[img]
Preview
PDF
351Kb
[img]
Preview
PDF
65Kb
[img]
Preview
PDF
15Kb
[img]
Preview
PDF
36Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1613Kb
[img]
Preview
PDF
31Kb
[img]
Preview
PDF
12Kb

Abstract

Tugas Akhir ini berjudul “ Evaluasi Dan Perancangan Peningkatan Jalan Selatan-Selatan Ruas Sidareja – Jeruklegi Kabupaten Cilacap“, disusun oleh Agustian (L2A000014) dan Ahmad Safrudin (L2A000016). Seluruh analisa dan perhitungan teknis yang ada, didasarkan pada standar dari Bina Marga. Secara umum evaluasi dan perancangan jalan ini memiliki maksud dan tujuan untuk menciptakan sebuah ruas jalan yang dapat memberikan pelayanan yang baik, dari segi geometri, kapasitas, maupun struktur perkerasannya. Ruas jalan ini adalah salah satu dari tujuh paket ruas jalan, yang merupakan satu kesatuan dari jalur Selatan-Selatan Jawa. Jalan ini menghubungkan 5 propinsi, membentang mulai dari Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I.Yogyakarta, dan Jawa Timur. Dengan terlaksananya proyek ini diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan aktivitas dan pergerakan di sepanjang daerah yang dilalui Jalur Selatan - Selatan ini pada umumnya, khususnya bagi Kabupaten Cilacap. Hasil evaluasi terhadap jalan eksisting memperlihatkan adanya beberapa faktor yang menjadi pembatas dalam perancangan peningkatan jalan ini. Mulai dari Sta. 0+000 – 4+300, jalan eksisting berada pada posisi yang sejajar dengan jalan rel disebelah kiri sejauh 15-22 meter. Mulai dari Sta. 0+000 – 15+350 terdapat pipa Pertamina dengan jarak 1-1,5 meter disisi kanan jalan yang ditanam 0,8-1.5 meter dibawah tanah. Pada Sta. 15+350 terdapat persilangan sebidang dengan jalan rel. Selain hal diatas, kondisi geometri yang ada tidak layak untuk difungsikan sebagai jalan arteri primer, terutama mulai dari Sta. 14+000 sampai dengan akhir proyek yang banyak terdapat tikungan tajam dan saling overlap. Untuk menghindari terganggunya sistim distribusi minyak pertamina, dan karena tidak tersedia ruang yang cukup diantara jalan eksisting dengan jalan rel, maka peningkatan yang kami lakukan pada Sta.0+000-4+300 berupa pelebaran satu arah kesisi kanan dengan menempatkan pipa pertamina pada daerah median. Sedangkan pada Sta. 4+300- 15+350 pelebaran dilakukan kearah kiri jalan eksisting. Untuk mengantisipasi rencana pembangunan jalan rel dua lintasan (double tracks), kami menyediakan geometrik yang memungkinkan untuk dibangun overpass pada persilangan ini. Mulai dari Sta.15+350 sampai akhir, pelebaran kami lakukan pada kedua sisi jalan eksisting. Mengacu pada kecepatan rencana, maka kami melakukan perbaikan alinyemen berupa pengalihan trase pada station tertentu dan desain ulang pada semua tikungan. Hasil perancangan yang dilakukan terhadap ruas jalan ini adalah, ruas jalan sepanjang 23,869 Km, 4 lajur 2 arah dengan median (lebar lajur 3,5 meter dan median minimum 2 meter), lebar bahu jalan 2 meter. Kecepatan rencana sebesar 60-80 Km/jam, kelandaian maksimum mencapai 7 %, dengan jumlah lengkung horizontal sebanyak 45 buah, dan lengkung vertikal sebanyak 56 buah. Proyek ini dirancang untuk dapat dilaksanakan dalam jangka waktu 348 hari kalender. Dana yang dibutuhkan sebesar Rp,117.810.130.994,00 (seratus tujuh belas milyar delapan ratus sepuluh juta seratus tigapuluh ribu sembilan ratus sembilan puluh empat rupiah), yang dihitung berdasarkan harga satuan pada kondisi tahun 2004.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:34522
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:07 Mar 2012 08:39
Last Modified:07 Mar 2012 08:39

Repository Staff Only: item control page