SIMULASI PEMILIHAN DESAIN DAN PERENCANAAN TEKNIS RETARDING POND DI KELURAHAN MINTARAGEN KOTA TEGAL (The Simulation of Design selection and Technic Specification of Retarding pond in Mintaragen Village Tegal City)

BAHTIAR A, ARHAM and WIBOWO, PRIYO HADI (2010) SIMULASI PEMILIHAN DESAIN DAN PERENCANAAN TEKNIS RETARDING POND DI KELURAHAN MINTARAGEN KOTA TEGAL (The Simulation of Design selection and Technic Specification of Retarding pond in Mintaragen Village Tegal City). Undergraduate thesis, F. TEKNIK UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

11Mb
[img]
Preview
PDF
27Kb
[img]
Preview
PDF
9Kb
[img]
Preview
PDF
51Kb
[img]
Preview
PDF
3463Kb
[img]
Preview
PDF
84Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2035Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

6Mb
[img]
Preview
PDF
115Kb
[img]
Preview
PDF
9Kb

Abstract

Kota Tegal merupakan kota yang tergolong dalam dataran rendah dengan topografi (kontur) relatif datar dan berbatasan langsung dengan laut jawa di sebelah utara. Secara geografis, kota Tegal dilintasi oleh 5 (lima) sungai yaitu Ketiwon, Gung Lama, Sibelis, Kemiri dan Gangsa. Permasalahan yang sekarang dihadapi Pemerintah Kota Tegal adalah terjadinya banjir rob pada daerah pesisir, yaitu kondisi dimana pada bulan-bulan tertentu terjadi air laut yang menyebabkan bencana banjir rob dan cukup mengganggu kegiatan/aktivitasnya masyarakat. Sebenarnya, fenomena terjadinya bencana banjir rob secara umum hampir terjadi disepanjang wilayah pesisir Pantai Utara Laut Jawa mulai dari Semarang, Pekalongan bahkan Jakarta. Persoalan penyebab terjadinya banjir rob sangat kompleks mulai dari ulah manusia yang merusak lingkungan, pembangunan di wilayah pesisir yang kurang mengindahkan kaidah tata ruang, permukiman yang dibangun terlalu dekat dengan pantai dan pengundulan hutan mangrove. Pembangunan retarding pond bertujuan untuk meminimalisir terjandinya rob didaerah pesisir khususnya kelurahan Mintaragen Tegal Timur. Retarding pond ini dilengkapai dengan pompa serta bangunan pelengkap lainnya yaitu pintu air otomatis dan tannggul laut. Dari 3 (tiga) alternatif yang dimunculkan dipilihlah 1 (satu) alternatif yang paling optimal yaitu alternatif 1(satu), alternatif dipilih dengan mempertimbangkan kebutuhan lahan (luas retarding pond), kapasitas pompa, efektivitas pompa, biaya operasional pompa dan biaya perawatan pompa. Desain alternatif 1 (satu) ini mampu menampung volume 45691.733 m3 dan membutuhkan 1.52 Ha lahan. Dengan efektifitas pompa terhadap banjir puncak 67.7% menggunakan pompa berkapasitas 13 m3/dt yang terdiri dari 2(dua) pompa 4 m3/dt dan 2 pompa 2,5 m3/dt serta membutuhkan dana sebesar Rp 10.790.980.000 (Terbilang ; Sepuluh miliar tujuh ratus sembilan puluh juta sembilan ratus delapan puluh ribu rupiah). Kata kunci : retarding pond, penanganan banjir rob, pintu air otomatis, tanggul laut, dan flood routing

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:34400
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:05 Mar 2012 12:00
Last Modified:05 Mar 2012 12:00

Repository Staff Only: item control page