PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA INSTALASI RAWAT JALAN RSU KODYA DATI II SEMARANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERFORMANCE PRISM

LILIK A, MARTIN (2007) PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA INSTALASI RAWAT JALAN RSU KODYA DATI II SEMARANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERFORMANCE PRISM. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

Full text not available from this repository.

Abstract

RSUD Kodya Dati II Semarang merupakan Rumah Sakit yang dibangun untuk membantu RS Karyadi dalam penanganan pasien. Peningkatan status RSUD dari grade C ke grade B memberikan konsekuensi tuntutan kinerja yang lebih baik bagi setiap instalasi yang ada, khususnya bagi Instalasi Rawat Jalan yang merupakan instalasi yang menunjukkan kunjungan pasien paling banyak. Kinerja Instalasi Rawat Jalan, sebagai instalasi yang paling banyak dikunjungi pasien, selama ini hanya diukur dari jumlah pasien yang datang. Rata-rata kenikan pasien selama tahun 2000 – 2005 menunjukkan target yang masih belum dapat tercapai. Maka diperlukan penerapan suatu sistem pengukuran kinerja yang tidak hanya melihat kinerja Instalasi Rawat Jalan dari satu indikator saja, tetapi memperhatikan aspek yang lain juga. Penelitian ini menggunakan Performance Prism sebagai metode pengukuran kinerja karena metode ini memiliki keunggulan-keunggulan apabila dibandingkan dengan metode lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 5 stakeholder yang mempengaruhi kinerja yaitu stakeholder pasien dengan bobot 0,417 (meliputi 16 KPI, yaitu 4 KPI strategi, 10 KPI proses, dan 2 KPI kapabilitas); stakeholder karyawan dengan bobot 0,224 (meliputi 18 KPI, yaitu 5 KPI strategi, 10 KPI proses, dan 3 KPI kapabilitas); stakeholder instalasi lain yang terkait dengan bobot 0,110 (meliputi 3 KPI, yaitu 1 KPI strategi, 1 KPI proses, dan 1 KPI kapabilitas); stakeholder rekanan dengan bobot 0,110 (meliputi 5 KPI, yaitu 1 KPI strategi, 2 KPI proses, dan 2 KPI kapabilitas); stakeholder pemerintah dan masyarakat dengan bobot 0,139 (meliputi 6 KPI, yaitu 3 KPI strategi, 3 KPI proses). Hasil pengukuran kinerja menunjukkan bahwa Instalasi Rawat Jalan telah mencapai indeks kinerja sebesar 67,4 % yang berarti termasuk dalam kategori sedang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Performance Prism, KPI, Stakeholder, Kinerja
Subjects:T Technology > T Technology (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:34371
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:05 Mar 2012 09:23
Last Modified:05 Mar 2012 09:23

Repository Staff Only: item control page