PERENCANAAN JEMBATAN BANYUMANIK 2 JALAN TOL SEMARANG-SOLO (Design of Banyumanik 2 Bridge of Semarang-Solo Toll Road)

SALEH, ADI RACHMAT and ISMAIL, AGUS (2010) PERENCANAAN JEMBATAN BANYUMANIK 2 JALAN TOL SEMARANG-SOLO (Design of Banyumanik 2 Bridge of Semarang-Solo Toll Road). Undergraduate thesis, F. TEKNIK UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

4Mb
[img]
Preview
PDF
27Kb
[img]
Preview
PDF
11Kb
[img]
Preview
PDF
241Kb
[img]
Preview
PDF
177Kb
[img]
Preview
PDF
935Kb
[img]
Preview
PDF
171Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

712Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2636Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

364Kb
[img]
Preview
PDF
69Kb

Abstract

Jembatan Banyumanik 2 Jalan tol Semarang – Solo, yang terletak di desa Pedalangan, Banyumanik, Semarang ini adalah satu bagian dari keseluruhan proyek Jalan Tol Semarang – Solo, yang merupakan solusi dari permasalahan kemacetan parah yang menghambat pertumbuhan ekonomi dan perdagangan di sekitar jalur Semarang – Solo. Kemacetan tersebut dikarenakan adanya beberapa pasar tumpah di Kabupaten Semarang dan penempatan Traffic Light yang berdekatan di jalur utama yang padat, sehingga arus lalu lintas sering tersendat. Dengan kontur muka tanah yang sangat berbukit – bukit sepanjang jalur tersebut, maka dibutuhkan beberapa jembatan besar untuk memenuhi syarat kelandaian memanjang trase jalan tol, yakni kurang dari 30 meter/Km. Berdasarkan data LHR yang didapat dari Dinas Bina Marga Jawa Tengah, struktur jembatan ini direncanakan dengan menggunakan girder beton prategang dengan struktur bangunan bawah berupa pilar dinding, dan pondasi bored pile. Dengan panjang total 320 meter, yang terbagi dalam 8 bentang dengan panjang tiap bentang 40 meter, dengan lebar 23,6 meter, jembatan ini direncanakan mampu melayani beban lalu lintas hingga minimal 20 tahun ke depan. Penggunaan girder beton prategang digunakan dengan pertimbangan teknologinya cukup sederhana yang relatif mudah dan cepat dalam pelaksanaannya. Durasi proyek ini direncanakan berjalan selama 64 minggu dengan anggaran biaya sebesar Rp 47,089,476,881.51 (belum termasuk PPN), berdasar harga satuan pekerjaan yang berlaku di Semarang, edisi II bulan April 2009. Kata kunci : Jembatan, prategang, pilar dinding, pondasi bored pile, jalan tol, Semarang. ABSTRAK Jembatan Banyumanik 2 Jalan tol Semarang – Solo, yang terletak di desa Pedalangan, Banyumanik, Semarang ini adalah satu bagian dari keseluruhan proyek Jalan Tol Semarang – Solo, yang merupakan solusi dari permasalahan kemacetan parah yang menghambat pertumbuhan ekonomi dan perdagangan di sekitar jalur Semarang – Solo. Kemacetan tersebut dikarenakan adanya beberapa pasar tumpah di Kabupaten Semarang dan penempatan Traffic Light yang berdekatan di jalur utama yang padat, sehingga arus lalu lintas sering tersendat. Dengan kontur muka tanah yang sangat berbukit – bukit sepanjang jalur tersebut, maka dibutuhkan beberapa jembatan besar untuk memenuhi syarat kelandaian memanjang trase jalan tol, yakni kurang dari 30 meter/Km. Berdasarkan data LHR yang didapat dari Dinas Bina Marga Jawa Tengah, struktur jembatan ini direncanakan dengan menggunakan girder beton prategang dengan struktur bangunan bawah berupa pilar dinding, dan pondasi bored pile. Dengan panjang total 320 meter, yang terbagi dalam 8 bentang dengan panjang tiap bentang 40 meter, dengan lebar 23,6 meter, jembatan ini direncanakan mampu melayani beban lalu lintas hingga minimal 20 tahun ke depan. Penggunaan girder beton prategang digunakan dengan pertimbangan teknologinya cukup sederhana yang relatif mudah dan cepat dalam pelaksanaannya. Durasi proyek ini direncanakan berjalan selama 64 minggu dengan anggaran biaya sebesar Rp 47,089,476,881.51 (belum termasuk PPN), berdasar harga satuan pekerjaan yang berlaku di Semarang, edisi II bulan April 2009. Kata kunci : Jembatan, prategang, pilar dinding, pondasi bored pile, jalan tol, Semarang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:34304
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:03 Mar 2012 10:51
Last Modified:03 Mar 2012 10:51

Repository Staff Only: item control page