PENELITIAN PEMANFAATAN LIMBAH GALVANIS (SLUDGE) SEBAGAI FILLER PADA BETON (Studi Kasus PT. Cerah Sempurna, Semarang) EXPERIMENTAL STUDY OF GALVANIS WASTE ( SLUDGE ) AS FILLER ON CONCRETE (Case Study PT. Cerah Sempurna, Semarang)

FIRMANSYAH J P, IQBAL and MANGUJI, SIGIT (2007) PENELITIAN PEMANFAATAN LIMBAH GALVANIS (SLUDGE) SEBAGAI FILLER PADA BETON (Studi Kasus PT. Cerah Sempurna, Semarang) EXPERIMENTAL STUDY OF GALVANIS WASTE ( SLUDGE ) AS FILLER ON CONCRETE (Case Study PT. Cerah Sempurna, Semarang). Undergraduate thesis, F. TEKNIK UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1475Kb
[img]
Preview
PDF
22Kb
[img]
Preview
PDF
8Kb
[img]
Preview
PDF
45Kb
[img]
Preview
PDF
35Kb
[img]
Preview
PDF
315Kb
[img]
Preview
PDF
474Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

622Kb
[img]
Preview
PDF
16Kb
[img]
Preview
PDF
11Kb

Abstract

PT. Cerah Sempurna Semarang merupakan salah satu industri yang bergerak dalam bidang pelapisan logam (galvanisasi) di Indonesia. Kenyataannya, limbah yang dihasilkan merupakan limbah B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya) yang mencemari lingkungan. Karakteristik fisik sludge hampir sama seperti karakteristik pasir tetapi memiliki gradasi yang lebih halus. Berdasarkan hal tersebut maka dipenelitian ini untuk mengetahui kemungkinan pemanfaatan limbah galvanis sebagai material filler pada beton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data kuat tekan, kuat tarik, workabilitas, dan kandungan udara beton yang menggunakan sludge pada variasi kadar limbah 10%, 20% dan 30%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sludge pada beton tidak memberikan hasil yang memuaskan pada peningkatan kuat tekan dan kuat tarik karena pengaruh sifat reaktif dari limbah. Namun diperoleh hasil pada penambahan kadar limbah 30% menunjukkan trend peningkatan terhadap kuat tekan dan kuat tariknya. Ini memberikan kemungkinan bahwa limbah sludge galvanis mempunyai potensi sebagai bahan filler apabila dilakukan perlakuan untuk menghilangkan sifat reaktif limbah. Kata kunci : limbah (sludge), beton, kuat tekan, kuat tarik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:34288
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:03 Mar 2012 09:04
Last Modified:03 Mar 2012 09:04

Repository Staff Only: item control page