SADAR, SADAR and ROBERTUS BC, ROBERTUS BC (2007) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS DI KOTA SEMARANG DAN FAKTOR PENYEBABNYA (Analysis of Traffic Accidents in Semarang City and Its Causes ). Undergraduate thesis, F. TEKNIK UNDIP.
PDF Restricted to Repository staff only 1288Kb | ||
| PDF 35Kb | |
| PDF 12Kb | |
| PDF 74Kb | |
| PDF 27Kb | |
| PDF 80Kb | |
| PDF 32Kb | |
PDF Restricted to Repository staff only 146Kb | ||
PDF Restricted to Repository staff only 18Mb | ||
| PDF 25Kb | |
| PDF 16Kb |
Abstract
Maraknya berbagai kejadian kecelakaan belakangan ini telah sampai pada tingkat yang mengkhawatirkan. Fakta menunjukkan, kejadian kecelakaan hampir merata terjadi pada setiap moda transportasi. Pada moda transportasi darat, selain kecelakaan kereta api, kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu faktor penyebab kematian terbesar di Indonesia. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah menentukan, menganalisis dan mengetahui karakteristik kejadian kecelakaan lalu lintas serta memberikan usulan dan saran yang berkaitan dengan peningkatan keselamatan lalu lintas di jalan non tol Kota Semarang. Analisa data yang kami lakukan untuk mengetahui hubungan antar variabel yang berpengaruh terhadap jumlah kecelakaan menggunakan bantuan program komputer SPSS versi 10.0, sedangkan untuk penentuan lokasi rawan kecelakaan (blackspot), menggunakan teknik statistik kontrol lalu lintas. Kejadian kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu manusia (pengemudi), lingkungan, kendaraan dan jalan. Dari hasil analisa data, manusia merupakan faktor utama penyebab terjadinya kecelakaan (persentase 74,50%). Lengah, kurang hati-hati dan kurang waspada adalah perilaku pengemudi yang paling sering menyebabkan terjadinya kecelakaan (persentase 44,44%). Jenis kecelakaan dan tabrakan yang paling sering terjadi adalah tabrakan depan – samping (19,87%), dengan sepeda motor (48,26%) sebagai jenis kendaraan yang paling sering terlibat kecelakaan. Pukul 06.00-12.00 merupakan waktu dimana kecelakaan sering terjadi (persentase 28,14%) sedangkan 21 – 25 tahun (persentase 16,6%) adalah kelompok usia pengemudi yang paling sering terlibat kecelakaan. Kata kunci: kecelakaan, non tol, faktor manusia Abstrac The numbers of various accidents lately have come up with concerning level. Fact showed, accident almost flatten happened on all transportation moda. At land transportation moda, besides train accident, traffic accident represent one of the biggest death cause in Indonesia. Intention of this final duty writing is determining, analysing and know characteristic of traffic accident and also give proposal and suggestion related to improvement of traffic safety in non freeway of Kota Semarang. Data analysis which we do to know relation usher variable having an effect on to accident amount use aid of computer program of SPSS Version 10.0, while for determination of location of accident gristle (blackspot), using statistical technique control traffic. Traffic accident caused by some factor, that is human (driver), environmental, vehicle and roads. From result analyse data, human (driver) represent primary factor of cause the happening of accident ( percentage 74,50%). Careless, less beware of and less allert is most driver behavior often cause the happening of accident ( percentage 44,44%). Type of accident and most collision often be happened is front - side collision ( 19,87%), with motorbike ( 48,26%) as most type vehicle often be involved by a accident. Beat 06.00am-12.00am representing time where accident often be happened (percentage 28,14%) while 21 - 25 year (percentage 16,6%) is group of most driver age often be involved accident. Keywords: accidents, non freeway, human factor
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering |
ID Code: | 34259 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 02 Mar 2012 14:07 |
Last Modified: | 02 Mar 2012 14:07 |
Repository Staff Only: item control page