PENENTUAN JOB GRADING BERDASARKAN PENILAIAN JABATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CULLEN EGAN DELL (CED) (Studi Kasus PG. Trangkil)

ZUMAROH, INDAH (2007) PENENTUAN JOB GRADING BERDASARKAN PENILAIAN JABATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CULLEN EGAN DELL (CED) (Studi Kasus PG. Trangkil). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

Full text not available from this repository.

Abstract

PG. Trangkil merupakan penghasil gula pasor yang berdiri pada tahun 1968, dimana posisi tertinggi dalam struktur organisasi ditempati oleh administratur/pimpinan. Selama ini perusahaan menganut penggajian yang didasarkan pada bobot/derajat pentingnya jabatan menurut hirarki struktur organisasi. Besar gaji berdasarkan pelevelan ini hanya untuk menentukan gaji pokok, terlepas dari lama masa pengabdian serta jumlah jam lembur. Sistem ini menimbulkan ketidakpuasan dari karyawan, sebesa 52,5% karyawan bagian TUK merasa gaji yang diterima dengan tugas dan tanggung jawabnya tidak seimbang. Tahun 2005 PG. Trangkil melakukan perampingan perusahaan pada subbagian tebang lori yang berada di bawah pengawasan manajer tanaman dan timbangan lori di bawah manajer pabrikasi. Hal ini menimbulkan perdebatan mengenai penggajian di kedua departemen. Tidak ada suatu cara yang pasti, eksak dan lengkap serta akurat untuk menentukan upah/gaji yang tepat. Penilaian jabatan sebenarnya bukanlah cara untuk menetapkan tingkat upah dan gaji, tetapi alat yang dapat dipakai pimpinan untuk mengidentifikasi jabatan-jabatan dalam suatu organisasi menurut derajat kepentingannya. Metode yang digunakan untuk penilaian jabatan ini adalah Cullen Egan Dell (CED) yang merupakan perkembangan metode point system yang dapat mengkonversi penilaian secara kualitatif ke dalam penilaian kuantitatif, yaitu dalam bentuk poin nilai jabatan sehingga karyawan biasa sekalipun (bukan ahli) dapat mengerti. CED akan menilai jabatan dengan menaksir 3 faktor, yaitu expertise, judgement dan accountability yang dapat dijabarkan lagi menjadi 8 subfaktor yang dianggap umum untuk semua jabatan. Nilai dari hasil Penilaian Jabatan jumlahnya dapat mencapai belasan bahkan puluhan yang dapat menyulitkan pengawasan, administrasi dan menjadi tidak efisien. Job Grading dapat digunakan untuk memudahkan membaca dan mengelompokkan nilai tersebut ke dalam kelompok-kelompok sehingga jabatan yang memiliki nilai yang berdekatan akan berada dalam satu grade. Hasil Job grading ini dapat digunakan sebagai dasar pemberian gaji/upah sesuai dengan posisi jabatan tersebut dalam grade.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Penilaian Jabatan, Job Grading, Metode Cullen Egan Dell (CED)
Subjects:T Technology > T Technology (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:34252
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 May 2013 19:05
Last Modified:07 May 2013 19:05

Repository Staff Only: item control page