PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERAWATAN MESIN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERORIENTASI OBJEK

SIHITE, HAROLD MARTUA (2007) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERAWATAN MESIN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERORIENTASI OBJEK. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Departemen Mechanic Texturizing adalah salah satu unit organisasi di PT. Polysindo Eka Perkasa yang bertanggung jawab terhadap perawatan mesin-mesin produksi pada Departemen Texturizing, yang merupakan salah satu unit kerja yang produk utamanya yaitu benang Texturizing (yarn tekstured). Dalam menangani aktivitas utamanya yaitu perawatan mesin, yang menghabiskan banyak waktu dalam mengelola data-data yang dihimpun seperti pada pengelolaan data breakdown work order dan jadwal maintenance. Hal ini diakibatkan penanganan informasi dilakukan secara manual dan melalui prosedur yang rumit. Sementara dalam pengendalian suku cadang, pimpinan Departemen Mechanic Texturizing harus mencari dalam banyak dokumen yang terpisah untuk mengetahui stok suku cadang yang masih ada di gudang. Hal ini tentu saja menyulitkan dan seringkali terjadi kehabisan stockout dan menghambat kegiatan maintenance yang dilaksanakan. Departemen Mechanic Texturizing membutuhkan sebuah sistem perawatan mesin produksi yang tepat yang terbentuk dalam suatu sistem informasi berbasis komputer untuk memudahkan Departemen Mechanic Texturizing dalam mengetahui informasi breakdown work order, penjadwalan maintenance, dan stok suku cadang (spare part). Hasil penelitian ini dibangun sistem informasi perawatan mesin produksi yang terkomputerisasi dengan menganalisis kebutuhan informasi untuk mendukung kegiatan yang ada di Departemen Mechanic Texturizing termasuk menganalisis kebutuhan informasi breakdown work order, penjadwalan perawatan mesin produksi, dan persediaan suku cadang (spare part) yang dibutuhkan oleh Departemen Mechanic Texturizing.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Sistem Informasi, Breakdown Work Order, Penjadwalan Maintenance, Persediaan Suku Cadang (Spare Part)
Subjects:T Technology > T Technology (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:34243
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 May 2013 19:06
Last Modified:07 May 2013 19:06

Repository Staff Only: item control page