PERENCANAAN PONDASI KSLL ( KONSTRUKSI SARANG LABA-LABA ) PADA PROYEK INSTALASI RAWAT INAP YAYASAN RUMAH SAKIT ISLAM SURAKARTA

Ricke Hp, Annette and Hartati, Sri (2007) PERENCANAAN PONDASI KSLL ( KONSTRUKSI SARANG LABA-LABA ) PADA PROYEK INSTALASI RAWAT INAP YAYASAN RUMAH SAKIT ISLAM SURAKARTA. Undergraduate thesis, F. TEKNIK UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

4Mb
[img]
Preview
PDF
31Kb
[img]
Preview
PDF
16Kb
[img]
Preview
PDF
49Kb
[img]
Preview
PDF
51Kb
[img]
Preview
PDF
1068Kb
[img]
Preview
PDF
1068Kb
[img]
Preview
PDF
46Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

4031Kb
[img]
Preview
PDF
66Kb
[img]
Preview
PDF
13Kb

Abstract

Gedung instalasi rawat inap Rumah Sakit Islam Surakarta merupakan fasilitas baru yang dibangun untuk memenuhi peningkatan kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Surakarta dan sekitarnya. Gedung ini terdiri dari 6 lantai dan berlokasi di dalam area kompleks Rumah Sakit Islam Surakarta. Dengan beberapa pertimbangan, baik teknis dan non teknis maka dipilih KSLL sebagai pondasi gedung setelah perencanaan struktur atas selesai dilakukan. Dalam perencanaan pondasi KSLL ini, kami membatasi pembahasan pada aspek teknis saja, meliputi perencanaan dimensi rib konstruksi dan settlement, perhitungan ketebalan ekivalen, daya dukung pondasi, penulangan pondasi serta penurunan. Perencanaan dimensi rib dan ketebalan ekivalen dilakukan berdasarkan langkah-langkah perhitungan yang terdapat dalam buku Konstruksi Sarang Laba-laba oleh Ir. Ryantori dan Ir. Sutjipto sebagai pencipta pondasi KSLL, perhitungan gaya-gaya dalam untuk perhitungan tulangan dilakukan dengan program SAP 2000, sedangkan perhitungan penurunan dilakukan dengan cara manual dan dengan program komputer. Dari hasil perhitungan diperoleh dimensi rib konstruksi = 0,12 m x 1 m, dimensi rib settlement = 0,12 m x 2 m, ketebalan ekivalen = 70 cm, daya dukung pondasi sebesar 23, 8455 t/m2, tulangan utama rib = 3 Ø 19, tulangan pelat rib dan pondasi Ø14 - 75 serta tulangan beugel Ø 10 - 150, sedangkan untuk penurunan pondasi adalah sebesar 1,3 cm. Kata kunci : KSLL, perencanaan dimensi, penulangan pondasi, penurunan pondasi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:34231
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:02 Mar 2012 08:57
Last Modified:02 Mar 2012 08:57

Repository Staff Only: item control page