Analisis Pengambilan Keputusan Solusi Terbaik Masalah Kemacetan Lalu Lintas di Ruas Persimpangan Jatingaleh dengan Metode ANP

Suryanti, Enggar (2007) Analisis Pengambilan Keputusan Solusi Terbaik Masalah Kemacetan Lalu Lintas di Ruas Persimpangan Jatingaleh dengan Metode ANP. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagai salah satu kota besar dengan masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi, dapat dipastikan Semarang memiliki volume kepadatan lalu lintas yang tinggi pula. Kepadatan lalu lintas sering terjadi pada jam-jam puncak dimana pada jam – jam puncak tersebut sering terjadi kemacetan, yang menimbulkan berbagai macam dampak negatif. Tingkat kemacetan yang tinggi sering kali timbul di beberapa jalan utama di kota Semarang, dalam penelitian ini khususnya kemacetan di Persimpangan Jatingaleh yang merupakan titik temu arus lalu lintas dari berbagai arah. Menanggapi permasalahan kemacetan yang tinggi di kawasan Jatingaleh tersebut, pada penelitian ini akan dianalisa beberapa alternatif yang dirasa tepat untuk diterapkan. Alternatif – alternatif tersebut yaitu existing / do nothing, pembangunan fly over (jalan layang), dan alternatif berikutnya adalah pembuatan dua underpass (terowongan). Dimana metode pengambilan keputusan yang digunakan adalah ANP (Analytic Network Process), yaitu dengan menentukan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan tersebut. Kemudian faktor – faktor tersebut dibobot untuk mengetahui besarnya hubungan pengaruh – mempengaruhi antar faktor hingga didapatkan urutan prioritas faktor yang paling mempengaruhi sistem pengambilan keputusan tersebut dan alternatif manakah yang dipilih sebagai alternatif solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan yang ada. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan, didapatkan alternatif solusi yang terbaik adalah pembuatan flyover.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Analytic Network Process
Subjects:T Technology > T Technology (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:34180
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 May 2013 20:37
Last Modified:06 May 2013 20:37

Repository Staff Only: item control page