IDENTIFIKASI MASALAH KINERJA PELAYANAN RAWAT JALAN BERDASARKAN PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD DI UPTD PUSKESMAS REJOSO KAB. NGANJUK TAHUN 2011

PUTRI, CINDY NULION KURNIA (2011) IDENTIFIKASI MASALAH KINERJA PELAYANAN RAWAT JALAN BERDASARKAN PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD DI UPTD PUSKESMAS REJOSO KAB. NGANJUK TAHUN 2011. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

UPTD Puskesmas Rejoso merupakan satu-satunya puskesmas yang dipersiapkan Pemerintah Kabupaten Nganjuk untuk menerapkan Balanced Scorecard. Balanced Scorecard adalah kerangka kerja baru mengintegrasikan berbagai ukuran yang diturunkan dari strategi institusi. Yang mana dapat memberi hasil penilaian yang sangat lengkap dan terpadu, mencakup aspek finansial dan non finansial. Berdasarkan PERDA Nomor 02 Tahun 2009, tarif pelayanan rawat jalan adalah gratis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah kinerja pelayanan rawat jalan berdasarkan perspektif Balanced Scorecard di UPTD Puskesmas Rejoso. Jenis penelitian yaitu kualitatif. Instrumen penelitian adalah check list, lembar klarifikasi dan observasi, panduan wawancara, dimana ada 4 informan inti dan 1 informan triangulasi. Analisis data menggunakan content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pelayanan rawat jalan berdasarkan perspektif Balanced Scorecard di UPTD Puskesmas Rejoso baik. Masalah kinerja ada pada employees and organization capacity perspective. Kinerja pelayanan pada customer and stakeholder perspective baik, masalah kinerja ada pada indikator penanganan keluhan(66,67%). Kinerja pelayanan pada financial perspective baik, dan tidak ada masalah kinerja. Kinerja pelayanan pada internal business perspective baik, masalah kinerja ada pada indikator protap(33,33%). Kinerja pelayanan pada employees and organization perspective cukup, masalah kinerja ada pada indikator pelatihan pegawai(41,67%). Disarankan bagi UPTD Puskesmas Rejoso, kepada pimpinan puskesmas untuk mendiseminasikan protap dan memperbaiki media penyampaian keluhan pelanggan. Untuk Dinas Kesehatan agar mengkoordinir daftar kebutuhan pelatihan dari puskesmas. Dan untuk tim pendamping(FKM UNAIR) sebaiknya memperbaiki penggunaan istilah pada perspektif dan mengakaji ulang indikator keberhasilan yang digunakan. Kata Kunci: Balanced Scorecard,Kinerja,Rawat Jalan,Puskesmas

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:34175
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Mar 2012 14:51
Last Modified:01 Mar 2012 14:51

Repository Staff Only: item control page