PERANCANGAN KURSI RODA DAN LAY OUT KAMAR MANDI UNTUK MEMPERBAIKI POSTUR KERJA PERAWAT PANTI WREDHA (Studi Kasus pada Panti Wredha Bethany Semarang)

Inryani, Evy (2007) PERANCANGAN KURSI RODA DAN LAY OUT KAMAR MANDI UNTUK MEMPERBAIKI POSTUR KERJA PERAWAT PANTI WREDHA (Studi Kasus pada Panti Wredha Bethany Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Panti wredha Bethany merupakan tempat perawatan bagi orang-orang yang telah lanjut usia. Di panti ini sebagian besar pasiennya tidak dapat mandi tanpa bantuan orang lain. Perawat yang membantu mereka mandi mengeluhkan rasa sakit pada punggung bagian belakang yang sering dideritanya. Hal ini disebabkan postur perawat yang buruk. Untuk mengetahui seberapa buruk postur perawat, maka dilakukan analisa postur perawat dengan OWAS (Ovako Working Posture Analysis System). Metode OWAS dibangun sebagai alat untuk mengidentifikasi postur tubuh mana yang mungkin bertanggung jawab atas masalah otot (Musculoskeletal Disorders). Metode ini berdasarkan pada klasifikasi sederhana dan sistematis dari postur kerja. Dalam OWAS postur kerja dikategorikan menjadi 3 segmen tubuh utama yaitu tubuh, tangan dan kaki. Kegunaannya untuk memperbaiki kondisi pekerja dalam bekerja, sehingga performance kerja dapat meningkat. Berdasarkan hasil analisa, diketahui bahwa postur perawat saat memandikan pasien tergolong dalam kategori postur cukup berbahaya dan sangat berbahaya. Oleh karena itu diperlukan tindakan perbaikan berupa perancangan kursi roda dan lay out kamar mandi yang dapat memudahkan pekerjaan perawat saat memandikan pasien. Dengan perancangan ini, frekuensi pemindahan pasien yang harus dilakukan oleh perawat berkurang dan postur saat memandikan pasien menjadi lebih baik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Postur perawat, OWAS, Kursi Roda
Subjects:T Technology > T Technology (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:34162
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 May 2013 20:37
Last Modified:06 May 2013 20:37

Repository Staff Only: item control page