ANALISIS KEGAGALAN PRODUK E4E FLOORING DENGAN PENDEKATAN PFMEA (PROSES FAILURE MODES AND EFFECTS ANALYSIS) DAN FMERA (FAILURE MODES, EFFECTS, AND (FINANCIAL) RISK ANALYSIS)

PRATAMA, BILLY ARMA (2007) ANALISIS KEGAGALAN PRODUK E4E FLOORING DENGAN PENDEKATAN PFMEA (PROSES FAILURE MODES AND EFFECTS ANALYSIS) DAN FMERA (FAILURE MODES, EFFECTS, AND (FINANCIAL) RISK ANALYSIS). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persaingan dalam bidang woodworking hingga saat ini dapat semakin ketat. Dalam kondisi demikian, peningkatan kualitas produk merupakan suatu tuntutan mutlak bagi PT. Rajawali Kencana. Untuk menciptakan produk yang berkualitas, PT. Rajawali Kencana salah satunya dituntut untuk meningkatkan kapabilitas proses produksinya. Karena bagaimanapun juga kualitas suau produk akan dipengaruhi oleh baik/buruknya proses produksi. Dalam menjalankan produksinya, PT. Rajawali Kencana juga tidak luput dari dihasilkannya produk-produk cacat. Dari data diketahui bahwa cacat yang terjadi pada produk E4E Flooring dari bulan Januari hingga Mei lebih besar dibandingkan produk Parquet dan Decking. Selanjutnya diketahui pula bahwa cacat yang terjadi pada produk E4E Flooring banyak diakibatkan oleh kegagalan proses. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu usaha untuk menekan munculnya cacat yang terjadi pada produk E4E Flooring. Suatu analisis kegagalan perlu disusun untuk mengurangi munculnya produk cacat yang diakibatkan oleh kegagalan pada fase proses. Analisis kegagalan ini dilakukan untuk mengidentifikasi jenis, penyebab, serta efek dari kegagalan proses yang berpotensi menimbulkan cacat pada produk E4E Flooring. Dengan penelitian ini diharapkan dapat mengurangi munculnya cacat/kegagalan pada produk E4E Flooring. Sehingga kerugian yang dialami perusahaan akibat oleh proses rework, produk tidak terpakai, dan produksi tambahan dapat berkurang pula.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:kualitas, cacat, E4E Flooring, kegagalan proses, analisis kegagalan
Subjects:T Technology > T Technology (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:34155
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 May 2013 20:37
Last Modified:06 May 2013 20:37

Repository Staff Only: item control page