APLIKASI METODE TAGUCHI UNTUK MEMINIMASI CACAT PRODUKSI PADA PRODUK KACANG ATOM GAJAH BIRU (STUDI KASUS PABRIK KACANG GAJAH)

FERDIANA, ASTI (2007) APLIKASI METODE TAGUCHI UNTUK MEMINIMASI CACAT PRODUKSI PADA PRODUK KACANG ATOM GAJAH BIRU (STUDI KASUS PABRIK KACANG GAJAH). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini lebih difokuskan pada penerapan Metode Taguchi untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh selama proses produksi pembuatan kacang atom jenis Gajah Biru khususnya pada stasiun kerja atau operasi penggorengan dengan menggunakan mesin penggorengan jenis LPG dan selanjutnya menentukan setting permesinan optimum untuk mengurangi variabilitas yang terjadi selama operasi penggorengan berlangsung. Tools yang digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh adalah dengan bantuan Analisis Sembilan Operasi Primer. Tools ini berupa checksheet dan checklist-checklist yang akan diajukan dan dijawab Pabrik Kacang Gajah. Dengan adanya checksheet tersebut, peneliti dapat mengetahui dan mengidentifikasi faktor-faktor yang perlu diadakan perbaikan serta penyebab-penyebabnya. Dari hasil analisis, diketahui bahwa persentase kontribusi terbesar pada pencapaian rata-rata minimum karakteristik kualitas adalah faktor kecepatan pengaduk (faktor C) sebesar 17,4743% yang berarti faktor kecepatan pengaduk amat berpengaruh terhadap hasil pencapaian rata-rata minimum karakteristik kualitas. Sama halnya pada pencapaian variasi minimum karakteristik kualitas persentase kontribusi terbesar adalah faktor kecepatan pengaduk (faktor C) sebesar 37,6244% yang berarti faktor kecepatan pengaduk amat berpengaruh terhadap hasil pencapaian variasi minimum karakteristik kualitas. Dan dapat disimpulkan bahwa pemilihan level faktor kontrol optimum untuk memperoleh karakteristik kualitas yang tepat mendekati target dan variasi yang minimum adalah Faktor waktu operasi (Faktor A2) : 20 menit, Faktor selang waktu pengadukan (Faktor B1) : 3 menit sekali, Faktor kecepatan pengaduk (Faktor C1) : 50 rpm, Faktor kedalaman saringan (Faktor D1) : 10 cm dari bagian bawah wadah penggorengan, dan Faktor penggunaan tepung tapioka (Faktor E2) : Tipe Royal. Setelah pemilihan tersebut, dilakukan percobaan konfirmasi untuk mengetahui pengaruh dari level faktor tersebut terhadap respon yang dihasilkan. Hasil yang didapatkan dari percobaan konfirmasi ini adalah perolehan rataan sebesar 10,100 dengan variansi sebesar 2,9989. Sehingga terlihat adanya suatu perbaikan dari rataan dan variansi dari hasil studi pendahuluan yaitu, berturut-turut, 16,500 dan 30,722.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Metode Taguchi, Nine Primary Operation Analysis Approach, SNR, ANOVA, Persentase Kontribusi
Subjects:T Technology > T Technology (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:34154
Deposited By:Mr/Ms teknik industri
Deposited On:06 May 2013 20:38
Last Modified:06 May 2013 20:38

Repository Staff Only: item control page