PERANCANGAN KURSI BUS KELAS EKONOMI UNTUK MEMINIMASI BESARNYA KONTRAKSI ERECTOR SPINAE DAN GAYA TULANG VERTEBRATA LUMBALIS

MAHANANI, SUCI (2006) PERANCANGAN KURSI BUS KELAS EKONOMI UNTUK MEMINIMASI BESARNYA KONTRAKSI ERECTOR SPINAE DAN GAYA TULANG VERTEBRATA LUMBALIS. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sarana transportasi merupakan sesuatu yang vital dalam memperlancar jalannya suatu aktivitas. Sarana transportasi yang dikenal di Indonesia terdiri dari: angkutan darat, angkutan laut, angkutan udara. Bus merupakan salah satu bagian dari sarana transportasi darat yang lebih banyak digunakan oleh konsumen karena mudah dijumpai dan relatif murah dalam hal biaya. Kenyamanan selama perjalanan dengan menggunakan bus adalah salah satu unsur yang seharusnya diperhatikan. Salah satunya adalah disain tempat duduk yang tidak ergonomis. Tempat duduk merupakan pelengkap kendaraan bermotor yang utama, karena sebagian besar tubuh manusia (penumpang) berada di sana. Permasalahannya adalah adanya keluhan muskolosketal yang dirasakan oleh penumpang bus saat menggunakan kursi penumpang yang memiliki sudut sandaran punggung tetap. Perlu dilakukan perancangan kursi penumpang dengan menggunakan aspek biomekanika untuk meminimasikan gaya tulang belakang dan kontraksi otot Erector Spinae sebagai kriterianya. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa besarnya sudut-sudut dalam perancangan kursi yang ergonomis dilihat dari aspek biomekanika yaitu sudut sandaran kepala sebesar 1000, sudut sandaran punggung sebesar 1100, sudut alas duduk sebesar 200, dan sudut pijakan kaki sebesar200.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:kursi bus, biomekanika, perancangan, sudut sandaran kepala, sudut sandaran punggung, sudut alas duduk, sudut pijakan kaki.
Subjects:T Technology > T Technology (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:34136
Deposited By:Mr/Ms teknik industri
Deposited On:06 May 2013 20:59
Last Modified:06 May 2013 20:59

Repository Staff Only: item control page