ANALISIS PRODUKTIVITAS PROSES PRODUKSI PLASTIK JENIS PE MENGGUNAKAN PRODUKTIVITAS PARSIAL DAN MULTICRITERIA PERFORMANCE/ PRODUCTIVITY MEASUREMENT TECHNIQUE (MCP/PMT)

ANUGERAHINI, RUT DWI (2006) ANALISIS PRODUKTIVITAS PROSES PRODUKSI PLASTIK JENIS PE MENGGUNAKAN PRODUKTIVITAS PARSIAL DAN MULTICRITERIA PERFORMANCE/ PRODUCTIVITY MEASUREMENT TECHNIQUE (MCP/PMT). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagai pelaku bisnis, divisi polybag yang merupakan salah satu divisi PT. Sai Apparel Semarang harus mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki menjadi input untuk menghasilkan output. Masalah produktivitas penting untuk dipahami oleh semua pelaku bisnis yang menghasilkan output dengan menggunakan input sebagai pendukung. Keberhasilan pengelolaan perusahaan tercermin pada pengukuran produktivitas. Untuk mengukur produktivitas maka perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas, yaitu input dan output. Variabel input yang digunakan adalah bahan baku, tenaga kerja, mesin, dan energi sedangkan variable outputnya adalah produk plastik jenis PE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur produktivitas, melakukan evaluasi produktivitas serta melakukan perencanaan peningkatan produktivitas. Data yang diambil adalah data yang berkaitan dengan variable-variabel input dan output. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode produktivitas parsial dan multicriteria performance/productivity measurement technique (MCP/PMT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial produktivitas bahan baku dan tenaga kerja mengalami penurunan sedangkan produktivitas mesin dan energi mengalami kenaikan. Secara keseluruhan tingkat produktivitas divisi polybag mengalami penurunan. Prioritas perencanaan peningkatan produktivitas yang perlu dilakukan dilihat berdasarkan diagram sebab-akibat adalah menetapkan waktu baku untuk operator handprint dan memberikan penghargaan kepada pekerja yang melakukan pekerjaanya dengan baik serta menerapkan kebijakan preventif maintenance untuk mesin.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:produktivitas, produktivitas parsial, MCP/PMT
Subjects:T Technology > T Technology (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:34132
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 May 2013 21:00
Last Modified:06 May 2013 21:00

Repository Staff Only: item control page