PENYUSUNAN STANDARD OPERATING PROCEDURE DAN ANALISIS ALIRAN INFORMASI DENGAN IDEFO DALAM RANGKA IMPLEMENTASI JAMINAN MUTU

HERAWATI, RETNO (2006) PENYUSUNAN STANDARD OPERATING PROCEDURE DAN ANALISIS ALIRAN INFORMASI DENGAN IDEFO DALAM RANGKA IMPLEMENTASI JAMINAN MUTU. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesuksesan organisasi dibuktikan dengan adanya penerapan dan pemeliharaan sistem manajemen mutu dengan melakukan peningkatan berkesinambungan kinerja organisasi yang efektif dan efisien. Demikian pula dengan Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang. Sebagai sebuah organisasi, Jurusan Akuntansi dirasa perlu membuat, mendokumentasikan, menerapkan dan memelihara sistem manajemen mutu dan melakukan peningkatan berkelanjutan secara efisien sesuai dengan persyaratan standar. Identifikasi dan pengelolaan proses juga harus dilakukan untuk memastikan persyaratan yang sesuai telah terpenuhi. Untuk menerapkan sistem ini, di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang perlu mengidentifikasi proses-proses yang dibutuhkan untuk sistem manajemen mutu dan aplikasinya dalam organisasi, menentukan tahapan dan interaksi proses-proses tersebut, serta memastikan ketersediaan sumber daya dan informasi. Setelah proses identifikasi dilakukan disusunlah suatu Standard Operating Procedure (SOP) dalam hal ini mengacu pada ISO 9001:2000 dan analisis aliran informasi menggunakan IDEFO agar informasi dan aktivitas terintegrasi. Dengan disusunnya SOP dan dilakukannya analisis terhadap aliran informasi maka diharapkan semua aktivitas yang dilakukan sesuai dengan standar kerja terdokumentasi yang dibuat agar proses-proses tersebut dapat dilakukan dengan efektif dan efisien. Di samping itu dengan dilakukannya analisis terhadap aliran informasi yang ada, terlihat kelemahan-kelemahan sistem, untuk selanjutnya ditindaklanjuti.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Standard Operating Procedure (SOP), IDEFO
Subjects:T Technology > T Technology (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:34127
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 May 2013 20:58
Last Modified:06 May 2013 20:58

Repository Staff Only: item control page