MOTIVASI SISWA TERHADAP BIMBINGAN MEMBACA MELALUI PROGRAM KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DI PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 1 BRANGSONG

Gulita, Aisya (2007) MOTIVASI SISWA TERHADAP BIMBINGAN MEMBACA MELALUI PROGRAM KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DI PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 1 BRANGSONG. Undergraduate thesis, Jurusan Ilmu Perpustakaan .

Full text not available from this repository.

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/ilpus

Abstract

Perpustakaan sekolah membantu menumbuhkan minat, mengembangkan, dan mendorong siswa untuk membaca. Seorang guru yang berkesadaran tinggi akan pentingnya keberadaan perpustakaan sekolah sebagai salah satu sumber belajar akan memanfaatkan seoptimal mungkin perpustakaan di sekolah bagi pembinaan kebiasaan membaca khususnya dan pembinaan kecerdasan siswa pada umumnya. Melemahnya penguasaan dalam memahami suatu bacaan pada gilirannya merupakan kendala bagi kemampuan membaca. Semua itu akan mengurangi kemampuan mereka dalam memanfaatkan buku-buku bacaan. Oleh karena itu dengan program bimbingan membaca di perpustakaan SMP Negeri 1 Brangsong, peneliti berkeinginan untuk mengetahui motivasi siswa dalam bimbingan membaca melalui program Kurikulum Berbasis Kompetensi dan faktor yang memepengaruhi adanya motivasi bimbingan membaca. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP yang berjumlah 550 orang dan dewan guru berjumlah 60 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 55 orang siswa dan 6 orang guru dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakaan analisis data silang dan kemudian disimpulkan secara deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebagian besar yaitu 90,9 % (50 orang) menyatakan suka dengan bimbingan membaca dan adanya rasa suka terhadap bimbingan membaca maka sebagian besar yaitu 78,1 % (43 orang) memiliki motivasi internal atau kemauan sendiri. Faktor yang berpengaruh adanya bimbingan membaca yaitu adanya faktor internal terbukti sebesar 66,5 % (36 orang) menyatakan dorongan mengikuti program bimbingan membaca atas kemauan sendiri. Selain itu adalah faktor eksternal seperti dari teman yaitu 56,4 % (31 orang) bila mengalami kesulitan dalam membaca buku dan dari faktor guru sebesar 65,5 % (36 orang) menyatakan bertanya kepada guru jika ada tugas yang susah dikerjakan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:3409
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Jan 2010 10:30
Last Modified:13 Jan 2010 10:30

Repository Staff Only: item control page