RESPONSIVITAS DINAS KESEHATAN KOTA SEMARANG TERHADAP PEMENUHAN JAMINAN HAK-HAK DI BIDANG KESEHATAN MENUJU SEMARANG KOTA LAYAK ANAK (KLA)

FRISKA, HERVY (2011) RESPONSIVITAS DINAS KESEHATAN KOTA SEMARANG TERHADAP PEMENUHAN JAMINAN HAK-HAK DI BIDANG KESEHATAN MENUJU SEMARANG KOTA LAYAK ANAK (KLA). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Kebijakan Kota Layak Amnak di Semarang merupakan kebijakan yang dikeluarkan untuk menjamin hak-hak anak. Masih banyaknya masalah anak yang ditemukan di bidang kesehatan menjadikan pemenuhan hak anak di bidang kesehatan salah satu prioritas pengembangan Kota Layak Anak di Semarang. Namun, sejak Kebijakan Kota Layak Anak dikeluarkan melalui SK Walikota Semarang, masih belum terlihat jelas respon pemerintah dalam upaya pemenuhan hak anak di bidang kesehatan. Responsivitas merupakan kerakteristik Good governance untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat responsivitas Dinas Kesehatan Kota Semarang dalam pemenuhan hak-hak anak di bidang kesehatan.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yan bersifat deskriptif. Informan utama penelitian ini adalah bidang kesehatan keluarga Dinas Kesehatan Kota Semarang dan informan triangulasi adalah staf bidang Pemberdayaan Perempuan Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Semarang. Dari hasil penelitian dalam mengenal kebutuhan anak Dinas Kesehatan sudah responsif untuk mengidentifikasi kebutuhan anak dan Dinas Kesehatan juga telah membuat agenda serta prioritas program yang menjadi kebutuhan anak di bidang kesehatan. Dalam upaya pengembangan program pelayanan, Dinas Kesehatan akan memberdayakan Forum Anak Kota Semarang dan menyiapkan Rencana Aksi Daerah Kota Layak Anak bersama-sama dengan stakeholders terkait. Kendala yang dirasakan oleh Dinas Kesehatan adalah masih kurangnya sarana, koordinasi dengan stakehokder yang belum optimal dan kurangnya informasi tentang Forum Anak Kota Semarang. Untuk meningkatkan responsivitas, penulis menyarankan agar Dinas Kesehatan melibatkan Forum Anak Kota Semarang serta mengoptimalkna koordinasi dengan stakehoders dari sektor pemerintah, swasta, dan masyarakat. Kata Kunci: Good governance , Pemenuhan Hak-Hak di Bidang Kesehatan, Kota Layak Anak (KLA)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:33996
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:28 Feb 2012 13:10
Last Modified:28 Feb 2012 13:10

Repository Staff Only: item control page