PERENCANAAN BANGUNAN PENGENDALI SEDIMEN (BPS) DI HULU WADUK MRICA SUNGAI SERAYU KABUPATEN WONOSOBO (Design of Sediment Control Structure at Head Mrica Dam in Serayu River Kabupaten Wonosobo)

RAMADHANI, BETARYA SUKMA and SETIAWAN, WINE JATNIKASARI NUR (2008) PERENCANAAN BANGUNAN PENGENDALI SEDIMEN (BPS) DI HULU WADUK MRICA SUNGAI SERAYU KABUPATEN WONOSOBO (Design of Sediment Control Structure at Head Mrica Dam in Serayu River Kabupaten Wonosobo). Undergraduate thesis, F. TEKNIK UNDIP.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1884Kb
[img]
Preview
PDF
63Kb
[img]
Preview
PDF
17Kb
[img]
Preview
PDF
148Kb
[img]
Preview
PDF
293Kb
[img]
Preview
PDF
405Kb
[img]
Preview
PDF
38Kb
[img]
Preview
PDF
818Kb
[img]
Preview
PDF
75Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

199Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

70Kb
[img]
Preview
PDF
55Kb
[img]
Preview
PDF
20Kb

Abstract

Masalah utama yang dihadapi dalam pengoperasian suatu waduk adalah bagaimana menjaga agar umur layanan waduk sesuai dengan yang direncanakan. Laju sedimentasi yang tinggi akan mengakibatkan umur layanan waduk menjadi berkurang dari yang direncanakan. Erosi merupakan salah satu penyebab timbulnya sedimentasi, baik secara alamiah, geologi, maupun akibat campur tangan manusia. Adanya penggundulan hutan pada daerah pengaliran sungai menyebabkan terjadinya erosi pada tanah disekitarnya, sehingga mempercepat pendangkalan pada waduk tersebut. Tujuan penyusunan laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mendesain bangunan pengendali sedimen agar dapat mengurangi sedimentasi di sungai bagian hilir yang sering menyebabkan air banjir tidak dapat tertampung lagi sehingga terjadi banjir dan memberikan manfaat kepada masyarakat yaitu material sedimen berupa batu dan pasir. Check dam tersebut direncanakan terbuat dari pasangan batu kali, dengan main dam setinggi 5 meter, sub dam setinggi 2 meter. Dengan adanya check dam, maka sedimen yang masuk ke dalam waduk dapat diminimalisasi jumlahnya sehingga diharapkan Waduk Mrica tetap dapat beroperasi sampai dengan umur rencananya yaitu 50 tahun.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:33983
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:28 Feb 2012 11:52
Last Modified:28 Feb 2012 11:52

Repository Staff Only: item control page