ANALISA KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BAGIAN RAWAT INAP UMAR BIN KHATTAB RUMAH SAKIT ISLAM SUNAN KUDUS MENGGUNAKAN ZONA TOLERANSI

Mustarom, Kuat (2005) ANALISA KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BAGIAN RAWAT INAP UMAR BIN KHATTAB RUMAH SAKIT ISLAM SUNAN KUDUS MENGGUNAKAN ZONA TOLERANSI. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
10Kb

Abstract

ABSTRAK Rumah Sakit Islam Sunan Kudus merupakan salah satu rumah sakit swasta di kota Kudus dengan klasifikasi sebagai rumah sakit kelas C. Seiring dengan semakin meningkatnya persaingan diantara rumah sakit, kualitas pelayanan merupakan salah satu hal pokok yang harus diperhatikan untuk menghadapi persaingan tersebut. Namun, justru dalam pelayanan inilah RSI Sunan Kudus menghadapi kendala, yaitu dengan banyaknya keluhan dari pasien tentang pelayanan yang merika terima. Akhirnya, banyak pasien yang kemudian memilih rumah sakit lain. Ruang rawat inap Umar bin Khattab sebagai salah satu ruangan yang paling banyak pasiennya menjadi fokus dari penelitian ini. Dan berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan metode Zona Toleransi, didapatkan bahwa secara umum, pelayanan di RSI Sunan Kudus belum sampai pada taraf memuaskan, namun juga tidak sampai menyebabkan keluhan pada pasien. Namun, ada beberapa atribut yang harus segera diperbaiki, yaitu keramahan dan kesopanan dokter, perawat, maupun staf RS dalam melayani pasien atau pengunjung; keluasan tempat parkir di RS; kebersihan dan kenyamanan ruang runggu di RS; kebersihan toilet/wc di ruang rawat inap; tampilan dan letak fasilitas penunjuk informasi (untuk memudahkan pasien dalam mengetahui ruangan, waktu pelayanan, dan dokter yang bertugas); serta kemudahan pasien dalam menghubungi dokter bila diperlukan. Adapun urutan dimensi yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien RSI Sunan Kudus adalah tampilan, daya tanggap, empati, keandalan, dan jaminan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Zona Toleransi, Kepuasan pasien
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33941
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:27 Feb 2012 14:23
Last Modified:27 Feb 2012 14:23

Repository Staff Only: item control page