OPTIMALISASI JUMLAH BUS TRAYEK MANGKANG-PENGGARON DENGAN PENDEKATAN COMPROMISE PROGRAMMING

PUSPASARI, HENY (2005) OPTIMALISASI JUMLAH BUS TRAYEK MANGKANG-PENGGARON DENGAN PENDEKATAN COMPROMISE PROGRAMMING. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

ABSTRAK Sistem transportasi dari suatu wilayah merupakan sistem pergerakan orang dan/ atau barang dari suatu zona asal ke zona tujuan dalam wilayah yang bersangkutan. Pergerakan yang dimaksud dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai sarana atau moda, dengan menggunakan berbagai sumber tenaga, dan dilakukan untuk keperluan tertentu. Trayek Mangkang-Penggaron memiliki 55 bus yang beroperasi. Trayek ini merupakan trayek “basah” yang ramai oleh penumpang. Permasalahan yang terjadi adalah karena jumlah bus yang beroperasi telah melebihi permintaan saat ini. Optimalisasi jumlah bus yang berdasarkan pada tujuan meminimasi penumpang yang tidak terlayani, meminimasi jumlah penumpang yang menunggu, dan meminimasi jumlah bus yang menganggur dapat dilakukan dengan metode compromise programming. Input dari compromise programming memerlukan solusi dari linear programming. Input dari compromise programming memerlukan solusi dari linear programming masingmasing tujuan. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa jumlah bus yang beroperasi tiap shift adalah 10 bus yang beroperasi selama 12 rit. Berdasarkan jumlah bus yang optimal tersebut diperoleh biaya operasional sebesar Rp 7.449.084,00 dan diperoleh tarif sebesar Rp 1064.75/pnp atau Rp 50.70/pnp-km.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : transportasi, optimalisasi, linear programming, compromise programming
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33938
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:27 Feb 2012 14:03
Last Modified:27 Feb 2012 14:03

Repository Staff Only: item control page