Layanan perpustakaan elektronik dengan konsep Library 2.0

Suwanto, Sri Ati (2011) Layanan perpustakaan elektronik dengan konsep Library 2.0. Jurnal FKP2T, 3 (1-2, Juni - Desember). pp. 18-27. ISSN 0854-9923

[img]Microsoft Word - Published Version
180Kb

Abstract

Pengertian Perpustakaan 2.0 adalah perpustakaan yang benar-benar beorientasi kepada pemakai, yang mendorong perubahan secara terus menerus, yang mengkreasikan layanan baik fisik maupun maya sesuai dengan keinginan pemakai, yang didukung dengan evaluasi layanan secara konsisten. Perpustakaan yang berorientasi kepada pemakai sangat dibutukan saat ini, agar perpustakaan tetap dikunjungi oleh pemakai, karena telah memenuhi kebutuhan pemakai. Oleh karena itu, artikel ini berusaha mengungkapkan jenis-jenis layanan yang dikembangkan dengan konsep ‘library 2.0, dengan menggunakan menggunakan metode tinjauan literatur. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa konsep Library 2.0 sudah ada yang diterapkan di beberapa perpustakaan. Layanan-layanan tersebut antara lain: Chat Reference, Blog dan wikis, jaringan sosial dalam perpustakaan, seperti Faceebook, MySpace, Flikr, dan lain-lain, serta RSS Feed. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan pustakawan dan calon pustakawan tentang bagaimana memberikan layanan terbaik di perpustakaan, agar perpustakaan tetap dikunjungi pemakai.

Item Type:Article
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:33929
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 May 2013 20:35
Last Modified:06 May 2013 20:35

Repository Staff Only: item control page