PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENGUKURAN PERFORMANSI BIAYA DAN JADWAL PROYEK (Studi Kasus di PT HUTAMA KARYA WILAYAH IV JAWA TENGAH, DIY dan KALIMANTAN)

IKA RINAWATI, DYAH (2005) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENGUKURAN PERFORMANSI BIAYA DAN JADWAL PROYEK (Studi Kasus di PT HUTAMA KARYA WILAYAH IV JAWA TENGAH, DIY dan KALIMANTAN). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

ABSTRAK PT Hutama Karya merupakan BUMN yang bergerak di bidang jasa konstruksi. Dalam melaksanakan proyek-proyeknya PT Hutama Karya melakukan pendekatan Time Based Competition, dimana variabel jadwal menjadi kompetisi utama dalam pelaksanaan proyek, sedangkan penyusunan anggaran dilakukan dengan pendekatan Time Phased budget, dimana perkiraan biaya dikaitkan dengan rencana jadwal pelaksanaan pekerjaan. Metode pengendalian proyek yang dipakai oleh perusahaan saat ini adalah metode analisis variansi. Metode ini mampu menjawab pertanyaan apakah pelaksanaan proyek sesuai dengan anggaran atau jadwal, namun belum mampu mengungkapkan performansi kegiatan secara terpadu antara biaya dan jadwal. Implementasi metode analisis variansi saat ini dilakukan dengan cara manual menggunakan Microsoft Excel. Dengan cara ini terdapat banyak kelemahan, selain prosedurnya sulit juga memungkinkan terjadinya kesalahan baik dalam pembuatan formulasi maupun saat proses up date. Dalam melakukan pengendalian proyek perlu dilakukan perkiraan biaya akhir proyek, saat ini perhitungan juga masih dilakukan dengan cara manual dan kurang memperhatikan performansi kegiatan yang dicapai. Dewasa ini banyak sofware pengendalian proyek seperti Primavera, Milestone Profesional dan Cobra, namun perusahaan enggan membelinya karena dinilai tidak customize terhadap kebutuhan perusahaan. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem yang dapat mempermudah pengukuran performansi proyek secara terpadu dengan metode nilai hasil (earned value0. adapun kemampuan system ini adalah membantu mempercepat pembuatan formulasi nilai hasil dan kurva-S, mempercepat proses pembagian distribusi keselesaian pekerjaan, mempercepat proses pencarian data untuk update progress, mempercepat proses perhitugan indikator earned value, variansi serta indeks kinerja biaya dan jadwal proyek, mempercepat pembuatan perkiraan biaya akhir proyek dengan memperhatikan kecenderungan performansi proyek. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat membantu pihak manajemen dalam mengambil tindakan manajemen.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : Sistem Informasi, Manajemen Proyek, Pengendalian Biaya dan Jadwal Terpadu, Performansi Proyek, Earned Value.
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33898
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:27 Feb 2012 09:19
Last Modified:27 Feb 2012 09:19

Repository Staff Only: item control page