WORD FORMATION PROCESS IN OUTDOOR ADVERTISEMENT (A Case Study of Billboard Installed in Semarang)

ANGGRAENI, DESITA (2011) WORD FORMATION PROCESS IN OUTDOOR ADVERTISEMENT (A Case Study of Billboard Installed in Semarang). Undergraduate thesis, University of Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
436Kb

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting bagi manusia, karena dengan bahasa kita dapat mengetahui informasi yang kita butuhkan. Bahasa muncul dan berkembang karena interaksi antar individu dalam suatu masyarakat. Kita menggunakan bahasa untuk berkomunikasi satu sama lain. Bahasa selalu berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Sifat komunikasi yaitu komunikasi verbal (secara lisan maupun tulisan) dan komunikasi non verbal (bahasa isyarat maupun simbol-simbol). Dalam melakukan komunikasi verbal, masyarakat sering menggunakan media, biasanya media yang sering digunakan ialah media tulis atau media massa seperti surat kabar, majalah, billboard, tabloid dan spanduk. Penelitian ini mengkaji struktur kata-kata yang terdapat dalam iklan Billboard di Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembentukan kata yang terdapat pada iklan-iklan Billboard Semarang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pembentukan kata yang dikemukakan oleh beberapa pakar linguistik seperti, Hatch & Brown (1995), Katamba (1993), dan O’Grady (1996). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan deskriptif, karena penelitian ini berusaha mendeskripsikan temuan-temuan dengan kata-kata. Data penelitian ini dukumpulkan dengan teknik dokumentasi dan Simak Bebas Libat Cakap (SLBC). Sedangkan dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik agih dengan teknik lanjutan teknik lesap dan perluas. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kata-kata yang ditemukan pada iklan-iklan Billboard Semarang. Penulis menemukan ada 100 kata slang yang terdapat pada iklan-iklan Billboard Semarang. 40 diantaranya merupakan proses compounding, 4 borrowing, 13 coinage, 7 initialization dan acronym, 11 blending, 9 clipping, 1 conversion, 9 inflection, and 6 derivation. Dari analisis yang telah dilakukan, penulis berkesimpulan bahwa proses compounding merupakan proses yang paling sering terjadi di iklan-iklan Billboard Semarang ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:Faculty of Humanities > Department of English
ID Code:33894
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Feb 2012 09:20
Last Modified:27 Feb 2012 09:20

Repository Staff Only: item control page