ANALISIS KELAYAKAN ASPEK PASAR DAN ASPEK FINANSIAL PADA PENGEMBANGAN DENTAL LABORATORIUM (STUDI KASUS PADA KLINIK FAMILY DENTAL CARE YOGYAKARTA)

WIDYA WIWAHA, ANDITA (2005) ANALISIS KELAYAKAN ASPEK PASAR DAN ASPEK FINANSIAL PADA PENGEMBANGAN DENTAL LABORATORIUM (STUDI KASUS PADA KLINIK FAMILY DENTAL CARE YOGYAKARTA). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
13Kb

Abstract

ABSTRAKSI PT. Grha Purna Denta adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang kesehatan masyarakat, khususnya pada kesehatan gigi. PT. Grha Purna Denta ini mempunyai sebuah klinik gigi bersama yang bernama Family Dental Care yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat ini PT. Grha Purna Denta ingin mengembangkan kliniknya dengan menambah dental laboratorium. Pengembangan ini dilakukan karena saat ini kebutuhan akan gigi palsu yang menjadi produk dental laboratorium tersebut meningkat. Tahun 2003,2004, dan 2005 adalah 475 gigi palsu, 660 gigi palsu dan 998 gigi palsu. Saat ini untuk memperoleh gigi palsu tersebut, klinik mensub kontrakkan ke dental lab lain, hal tersebut menyebabkan biaya outsourcing untuk gigi palsu tersebut tinggi. Untuk merealisasikan rencana pengembangan dental lab tersebut, maka dilakukan studi kelayakkan yang difokuskan pada aspek pasar dan aspek finansial, serta mengidentifikasi aspek teknis dan operasi. Dari hasil studi kelayakan diperoleh hasil yaitu pada aspek pasar diketahui bahwa segmentasi pasar dari dental lab ini adalah para dokter gigi yang membutuhkan gigi palsu. jumlah dokter gigi di DIY berdasar profil kesehatan tahun 2004 adalah sebanyak 168 dokter gigi, dari 168 dokter gigi tersebut dental lab ini mentargetkan 29 dokter gigi akan mensub kontrakkan gigi palsu ke dental lab ini. Dari hasil peramalan yang didapat dengan metode linear regression diperoleh data yang cenderung meningkat tiap tahunnya. Peramalan dilakukan dengan periode tiga bulannan untuk 3 tahun kedepan dengan data historis pasien family dental care yang membutuhkan gigi palsu dari tahun 2003 sampai dengan tahun 2005. Dari uraian aspek pasar diatas, maka dapat dikatakan bahwa aspek ini layak, karena jumlah dokter gigi yang cenderung meningkat tiap tahunnya merupakan target pasar dari dental lab, serta kecenderungan meningkatnya permintaan akan gigi palsu diklinik family dental care. Pada aspek finansial biaya investasi yang dibutuhkan yaitu Rp.331.600.000. Pada penilaian investasi diperoleh Payback period dari rencana pengembangan dental lab ini adalah selama 3,7 tahun, Nilai Net Present Value adalah sebesar Rp. 40.449.511,Nilai Internal Rate of Return adalah sebesar 16,3% ,Nilai Indeks Profitabilitas adalah sebesar 1,021 Nilai Benefit Cost Ratio adalah sebesar 1,12 Dari semua hasil metode penilaian investasi tersebut, dapat dikatakan layak dari segi aspek finansial.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata kunci : gigi palsu, aspek pasar,aspek teknis dan operasi, aspek finansial
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33877
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:27 Feb 2012 08:25
Last Modified:27 Feb 2012 08:25

Repository Staff Only: item control page