ALTERNATIF MODEL PEMERIKSAAN UNTUK MEMINIMASI TOTAL BIAYA PERSEDIAAN SUKU CADANG LOKOMOTIF DIESEL ELEKTRIK (Studi Kasus di Dipo Loko Smc-PT. KAI)

EKO SETIYAWAN, AGUS (2005) ALTERNATIF MODEL PEMERIKSAAN UNTUK MEMINIMASI TOTAL BIAYA PERSEDIAAN SUKU CADANG LOKOMOTIF DIESEL ELEKTRIK (Studi Kasus di Dipo Loko Smc-PT. KAI). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

ABSTRAK PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI) ingin meningkatkan kelancaran pengoperasian lokomotif dengan mengupayakan agar armada yang dimilikinya sedapat mungkin selalu berada dalam kondisi siap guna operasi dengan melakukan manajemen persediaan yang optimal. Tingkat permintaan suku cadang lokomotif selalu berubah. Perubahan tingkat permintaan tersebut menyebabkan terjadinya stockout atau overstock persediaan di gudang. Untuk itu diperlukan suatu sistem persediaan yang optimal dengan memperhitungkan faktor-faktor yang ada. Perusahaan belum memiliki model baku pemesanan suku cadang sehingga mengakibatkan ketidakpastian yang sangat besar terhadap pemenuhan suku cadang. Pelaksanaan pemeriksaan dan pemesanan suku cadang di lapangan didasarkan pada pengalaman. Hal ini telah menyebabkan terjadi overstock pada beberapa jenis komponen suku cadang. Kebijakan persediaan perusahaan saat ini adalah melakukan penumpukan suku cadang lokomotif di gudang, dengan harapan permintaan suku cadang selalu tersedia pada saat terjadi kerusakan loko sehingga kemacetan operasi loko dapat dihindarkan. Kebijakan persediaan seperti ini hanya melihat persediaan dari satu sis yaitu tercapainya target operasi lokomotif, tetapi faktor lain seperti biaya persediaan dan penumpukan suku cadang yang ada pada gudang menjadi terabaikan. Penyimpanan yang terlalu lama dapat menyebabkan persediaan suku cadang mengalami kerusakan. Dikarenakan sebab di atas, maka diperlukan penelitian mengenai sistem kebijakan persediaan baru yang mempertimbangkan semua faktor yang ada sehingga didapatkan total biaya yang minimal. Kebijakan usulan yang dibuat berdasarkan pada continuous review (fixed order quantity dan order up to) dan periodic review. Kebijakan tersebut dilakukan dengan mengambil biaya shortages berupa backorder. Hal ini dimaksudkan untuk kebijakan mana yang akan memberikan hasil perhitungan optimal.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata kunci : Sistem Kebijakan Persediaan, Continuous Review Fixed order quantity, Continuous Review order up to, Periodic Review, Backorder
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33873
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:27 Feb 2012 08:14
Last Modified:27 Feb 2012 08:14

Repository Staff Only: item control page