PERANCANGAN PRAKTIKUM ANALISIS METODE KERJA DENGAN IMPLEMENTASI MICROMOTION STUDY DI LABORATORIUM PSKE TEKNIK INSUTRI UNIVERSITAS DIPONEGORO

DARMADI, YUSUP (2004) PERANCANGAN PRAKTIKUM ANALISIS METODE KERJA DENGAN IMPLEMENTASI MICROMOTION STUDY DI LABORATORIUM PSKE TEKNIK INSUTRI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
9Kb

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan ketatnya persaingan dalam dunia kerja saat ini, maka diharapkan lulusan dari perguruan tinggi mempunyai kemampuan multi dimensi yang mencakup faktor-faktor: kognitif, psikomtor, dan afektif untuk dapat berkompetisi. Oleh karena itu untuk menyiapkan mahasiswa agar mampu berkompetisi dalam dunia kerja diperlukan sistem pembelajaran yang harus mencakup : learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat mencakup ketiga hal tersebut adalah praktikum yang dilakukan dengan menggunakan sarana laboratorium. Salah satu praktikum yang ada di Laboratorium Perancangan Kerja (PSKE) Teknik Industri Universitas Diponegoro adalah Praktikum Analisis metode Kerja. Selama ini praktikum mengenai analisis metode kerja hanya dilakukan melalui visual motion study dan belum ada praktikum mengenai micromotion study yang dapat menganalisa gerakan kerja secara lebih mendetail. Permasalahan yang ingin dipecahkan dalam penelitian tugas sarjana ini adalah bagaimana menambah modul praktikum dengan merancang suatu modul praktikum analisa metode kerja yang dapat menggambarkan aplikasi nyata, meliputi perancangan peralatan, layout dan metode dengan implementasi micromotion study. Perancangan dilakukan dengan menentukan tujuan praktikum yang akan dilakukan. Selama itu penulis bersama dosen dan asisten laboratorium menentukan benda kerja yang akan digunakan sebagai obyek praktikum yaitu handphone mainan. Langkah selanjutnya adalah melakukan perancangan yang berupa alat pendukung dan layout kerja serta menentukan prosedur pelaksanaan praktikum. Setelah dilakukan perancangan maka penulis melakukan uji coba praktikum dengan dibantu oleh beberapa orang operator. Dari hasil uji coba tersebut kemudian dilakukan analisa baik hasil perancangan maupun hasil pelaksanaan uji coba praktikum. Dari hasil perancangan dan analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa micromotion study dalam aktifitas analisis gerakan memungkinkan analisis yang lebih mudah dan mendetail dibandingkan visual motion study. Selain itu berdasarkan operator yang melakukan uji coba praktikum dapat diketahui bahwa praktikum tersebut dapat digunakan untuk mempelajari tentang micromotion study dan dapat diterapkan di Laboratoium PSKE Teknik Industri UNDIP.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : praktikum, analisis metode kerja, micromotion study
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:33795
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:24 Feb 2012 10:11
Last Modified:24 Feb 2012 10:11

Repository Staff Only: item control page